TNI-Polri Bersama BPBD dan Masyarakat Lakukan Optimalisasi Pemadaman Karhutla di Riau yang Meluas

Tribratanews.polri.go.id. – Riau. Dari hasil pemantauan melalui udara yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD), kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau masih terdapat beberapa titik api kebakaran yang mesti ditangani lebih serius.

“Tadi kami bersama Manggala Agni, TNI dan Polri meninjau beberapa titik karhutla mulai dari Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir,” jelas Kepala BPBD Riau Edwar Sanger. Dari hasil pemantauan, titik api yang harus ditangani lebih serius, yakni di Kabupaten Inhu dan Pelalawan.

Kemudian, kebakaran juga masih parah di Kabupaten Pelalawan dan Inhil, yang perlu menjadi perhatian khusus oleh tim Satgas Karhutla Riau. Tim satgas darat, TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat sudah melakukan optimalisasi pemadaman di sana.

Untuk diketahui, luas kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Inhu sejak Januari 2019, sekitar 51.5 hektar, sedang di Pelalawan lebih kurang 72 hektar. Kebakaran di dua wilayah ini sangat sulit dipadamkan, karena gambut cukup dalam, mulai dari tiga hingga lima meter. Kebakaran lahan gambut tersebut, juga mengakibatkan pemukiman warga diselimuti kabut asap.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password