Dit Polairud Polda Babel Gelar Konferensi Pers Tentang Kasus Penyelelundupan Spare Part Motor Ilegal

Tribratanews.polri.go.id – Bangka. Kepolisian Daerah Bangka Belitung menggelar Konferensi Pers tentang keberhasilan Tim Hiu Macan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) dalam menggagalkan upaya penyelundupan sparepart motor sports asal Malaysia dan Thailand ke Bangka Belitung saat tiba di Pelabuhan Tanjung Gudang Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, Selasa(19/03/19).

Ditpolairud Polda Babel berhasil mengamankan pelaku berinisial IS di Pelabuhan Tanjung Gudang saat akan mengambil 49 kotak berisi 82 item sparepart dengan merek Yamaha beserta tiga lembar invoice faktur dari Kuala Lumpur dengan total ratusan juta rupiah.

Dalam penjelasannya, Kepala Subdit Penegakan Hukum Dit Polairud Polda Bangka Belitung Ajun Komisaris Besar Irwan Deffi Nasution mengatakan penyelundupan tersebut berhasil digagalkan setelah pihaknya menerima laporan adanya pengiriman barang Ilegal dengan menggunakan Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara yang melewati tol laut Pulau Batam, Tanjung Pinang menuju pelabuhan Tanjung Gudang, Bangka.

“Modus yang digunakan pelaku adalah dengan memesan barang secara online dari jaringan di luar negeri dan mengirimkan barang tersebut ke Batam. Dari Batam oleh jaringan pelaku dikirim lagi ke Bangka. Di Bangka pelaku menjual lagi sparepart tersebut secara online. Pembelinya bukan cuma di Bangka. Ada juga pembeli dari Jawa seperti Solo dan daerah lainnya. Dari pengakuannnya pelaku IS sudah cukup lama melakukan hal ini dan dari hasil penjualan tersebut dia mendapatkan keuntungannya sebesar 50 persen.

Akibat perbuatannya tersebut, kini pelaku dijerat dengan Pasal 104, Pasal 106 dan Pasal 113 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan dengan ancaman lima tahun hukuman penjara dan denda sebesar Rp 10 miliar.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password