Polda Metro Jaya Ungkap Produksi Materai Palsu

Tribrtanews.polri.go.id- Jakata. Polda Metro Jaya telah behasil mengungkap pembuatan serta pengedaran materai Rp. 6000 palsu yang dijual secara online ke seluruh Indonesia.

 

Hal ini disampaikan oleh Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol. Wahyu Hadiningrat, S.I.K., M.H.,. dalam penjelasannya, Wakapolda Metro Jaya menejelaskan kasus ini diungkap Kepolisian saat mendapat laporan dari pihak Direktorat Jenderal Pajak terkait adanya penjualan materai Rp. 6.000 secara online dengan harga murah.

 

“Para pelaku menjual materai tersebut dengan harga dibawah pasar, dijual dengan harga Rp. 2.200.,” ungkap Wakapolda Metro Jaya.

 

Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya menangkap sebanyak sembilan pelaku yaitu ASR, R, DK, DA, SS, SF, ASS, RH, dan ZL. Kesembilan pelaku memiliki peranan yang berbeda-beda, mulai dari proses produksi sampai dengan distribusi. “Para pelaku tersebut mencetak dasar materai palsu menggunakan mesin,” tambah Wakapolda Metro Jaya.

 

Selain melakukan penangkapan kepada sembilan pelaku, Kepolisian juga menyita barang bukti senilai Rp. 10 miliar. Sedangkan kesembilan pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis antara laiin UU nomor 13 tahun 1985 tentang Bea Materai, Pasal 257 KUHP, dan juga pasal 253.

 

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password