Densus Amankan Bahan Peledak 300 Kg Jaringan Abu Hamzah di Sibolga

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Densus 88 Antiteror berhasil amankan 300 kg bahan peledak jaringan terduga teroris Abu Hamzah di Sibolga.

“Bahan peledak diamankan Densus 88 Antiteror 300 kg. Bukan hanya dalam bentuk bom,”jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M.

Bahan peledak tersebut didapatkan dari uang Y alias Khodijah, teroris perempuan asal klaten, Jateng yang meninggal dunia setelah bunuh diri dengan mengonsumsi zat asam klorida. Diketahui Y akan dinikahi oleh Abu Hamzah.

Bintang Jenderal Dua tersebut menambahkan, baru sampai di Lampung, dana 5 juta yang dibawa oleh Y dan RIN Alias P (Putra Syuhada) ke Sibolga tersebut sudah berhasil diamankan.

Penangkapan Abu Hamzah di Sumatera Utara (Sumut) sempat mengalami kesulitan, pasalnya saat petugas akan menggeledah rumahnya, istri Abu Hamzah melempar petugas dengan bom lontong. Setelah itu istri Abu Hamzah meledakan diri bersama anak bungsunya.

Selain itu, polisi juga menangkap dua orang lainnya di Sibolga, dua tersangka lagi di Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut), Y alias Khodijah dan 1 orang lagi di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kelompok Abu Hamzah ini dapat terbongkar bermula dari penangkapan RIN alias Putra Syuhada di Lampung. RIN alias Putra Syuhada diamankan berkat orang tuanya melaporkan ke polisi bahwa anaknya terpapar paham radikal dan hendak amaliyah.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password