Polisi Respon Cepat Dugaan Pungli Pembuatan Sertifikat Tanah di Banjarbaru

Tribratanews.polri.go.id, Banjarbaru – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Banjarbaru merespon cepat dugaan pungutan liar atau pungli pembuatan sertifikat tanah warga di Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru.

Sebelumnya, puluhan warga dari RT 09 RW 03 kelurahan setempat menggeruduk Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarbaru, Senin (18/3) kemarin untuk mengadukan persoalan nasib sertifikat tanah mereka, yang masih belum selesai.

“Terkait hal ini kami sedang cek kebenarannya, termasuk Kanit Reskrim Polsek Banjarbaru Barat sudah saya minta proses pungli oknum kelurahan atau Ketua RT, bila cukup bukti,” ungkap Kasatreskrim AKP Aryansyah, Selasa (19/3) siang.

Saat ini prosesnya masih dalam tahap penyelidikan. Terkait dengan informasi, adanya dugaan pungutan liar pembuatan sertifikat tanah di wilayah Landasan Ulin Barat ini.

“Kita lihat hasil penyelidikan nanti. Bila cukup bukti pidananya, akan kami proses hukum pelakunya oleh unit Tipikor,” tegasnya.

Sementara itu Lurah Landasan Ulin Barat Subhan, mengaku tidak mengetahui terkait dugaan dugaan pungli pembuatan sertifikat tanah di wilayahnya.

Dirinya membenarkan, bahwa sudah dimintai keterangan pihak Kepolisian Polsek Banjarbaru Barat, terkait permasalahan ini.

“Saya menjabat sebagai Lurah Landasan Ulin Barat sejak tahun 2018 kemarin. Saya tegaskan bahwa tidak ada biaya untuk pembuatan sertifikat tanah saat saya menjabat,” tegasnya.

Dirinya juga sudah menginstruksikan kepada bawahannya, untuk menjalankan tugas dengan sebaik mungkin dan tidak menyalahi aturan.

“Kami terbuka dan sudah menyampaikan informasi yang kami ketahui kepada pihak kepolisian, saat dimintai keterangan. Jika memang ada oknum aparat Kelurahan atau RT, saya mempersilakan kepada pihak berwajib untuk menyelidikinya,” tegasnya. (La/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password