Kapolda NTB Terjun Langsung Evakuasi Korban Longsor

Tribratanews.polri.go.id. – Lombok. Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Achmat Juri, M. Hum., terjun langsung memimpin proses evakuasi satu orang wisatawan asal Malaysia yang masih terjepit material longsor akibat gempa di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep Dusun Batu Koq Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Senin pagi (18/3).

Dari hasi evakuasi tercatat tiga orang korban longsor tersebut, yang dua diantaranya adalah wisatawan Malaysia dan satu orang warga lokal selaku guide. Diketahui dua orang korban WNA Malaysia salah satu bernama LSW (56) baru saja dievakuasi kemarin.

“Tim gabungan yang terdiri dari anggota Polda NTB, Korem 162/WB, Basarnas Mataram, BPBD dan Pemadam Kebakaran KLU, PMI dan relawan, serta masyarakat, mulai bergerak melakukan evakuasi terhadap korban yang masih terjebak dalam longsoran batu akibat gempa bumi sekitar pukul 08.00 Wita,” terang kapolda.
Untuk saat ini alat berat belum dapat menjangkau lokasi, dikarenakan medan berjurang, licin dan jalan setapak.

 

Dalam melakukan proses evakuasi tim gabungan menggunakan alat Basarnas NTB untuk menggeser batu yang menindih tubuh korban.
“Alhamdulillah pada akhirnya sekitar pukul 09.00 Wita korban berhasil dievakuasi, kemudian korban dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda NTB guna dilakukan identifikasi, dibersihkan dan disemayamkan,” ungkap Achmad Juri.

Turut hadir dalam proses evakuasi Danrem/162 Wira Bakti, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, Dansat Brimobda Polda NTB, Kombes Pol Taufiq Hidayat, S.H., Kapolres Lombok Utara, AKBP Herman Suriyono, S.I.K., M.H., dan Kepala Basarnas NTB, I Nyoman Sidakarya, S.H.

Kapolda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan evaluasi, baik dari unsur TNI, Polri, Basarnas, BPBD, PMI dan relawan, serta masyarakat. “Semua karena kita bekerja dan melakukan dengan bersama-sama, sehingga semua kemudahan bisa kita dapatkan dalam evakuasi ini,” tutupnya.

 

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password