Polisi Ringkus Pelaku Curanmor Bekasi Saat Hendak Transaksi Jual Beli

Tribratanews.polri.go.id – Bekasi. Kepolisian Metro Bekasi menangkap para pelaku curanmor ketika sedang melakukan transaksi jual beli kendaraan hasil curanmor.

“Unit Reskrim Polsek Bekasi Timur dan Polres Bekasi menangkap tiga pelaku curanmor, mereka sudah delapan kali beraksi di wilayah Rawalumbu, Pengasinan dan Jatimulya,” jelas Waka Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana, di Mapolrestro Bekasi Kota, Senin (18/3/2019).

Wakapolres menjelaskan keempat pelaku ini bernama Richad Gunawan (20), Satria Ramadandhy Anarivy (16), Adam Sukma Agung (20), dan Ahmad Trispanturi (18).

Adapun kronologis penangkapan keempat pelaku atas laporan polisi, warga yang kehilangan motornya pada Selasa 12 Februari 2019 sekira pukul 22.00 WIB di Jalan Kesehatan RT 02 RW 028 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi dan Februari 2019 di Depan Bakso Gepeng Jalan Toyogiri Selatan Jatimulya, Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Pelaku berhasil ditangkap, saat mereka ingin melakukan transaksi jual beli motor hasil curiannya, di kawasan Lotte Mart, Bekasi Timur, Rabu (06/3/19) pukul 21.00 WIB.

“Kita awalnya lakukan penyelidikan dan patroli siber dan didapatkan dekat Lotte Mart seringkali dijadikan tempat jual beli motor online. Tim meluncur dan benar didapatkan tiga pria sedang ingin transaksi, yaitu Ahmad, Adam, dan Richad,” ungkapnya.

Kemudian tim melakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya dan kembali ditangkap satu pelaku lain bernama Satria.

“Keempat pelaku ini komplotan. Kalau tiga pelaku baru pertama kali melakukan pencurian kendaraan, yang delapan kali itu pelaku RG yang juga residivis. Tiga pelaku lain juga diajak RG,” jelas Wakapolres.

Dalam menjalankan aksinya komplotan pencurian sepeda motor ini biasa beraksi dengan cara keliling menggunakan dua sepeda motor.

Pelaku Richad berperan sebagai pemetik kendaraan dengan menggunakan kunci lettet T. Dua rekannya Adam dan Satria bertugas mengawasi sekitar TKP sementara Ahmad bertugas sebagai joki dan menjual sepeda motor.

Keempat pelaku biasa menjual sepeda motor hasil curian di media sosial Facebook dengan kisaran harga sekitar Rp 2 juta. Komplotan pencuri ini juga mengaku sudah beraksi sebanyak 8 kali di kawasan Bekasi dan sekitarnya. Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan dua unit kendaraan bermotor, kunci letter t dan satu helm merek KYT.

Atas perbuatannya para pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman penjara selama tujuh tahun.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password