BCA Alami Kerugian Ratusan Juta Rupiah, Pelaku Pembobolan ATM Berhasil Ditangkap Polisi di Beberapa Tempat

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Pembobolan ATM marak terjadi, Selain Penangkapan RP kasus pembobolan ATM dengan cara skimming di Jakarta yang merugikan pihak BCA capai 300 juta rupiah. Pembobolan ATM juga terjadi di Denpasar Bali, dan pelaku Inisial VK asal Bulgaria ini berhasil ditangkap oleh Polda Bali, dan terbaru terjadi di Kota Bekasi. Senin (18/03/19).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali Kombespol Andi Fairan mengatakan, Tim Resmob Direktorat Reskrimum Polda Bali berhasil meringkus warga negara Bulgaria, berinisial VK alias Bakarskyida (48). Pria berperawakan kurus itu terlibat kejahatan skimming di ATM BNI. Penangkapan VK berawal adanya kecurigaan pihak perbankan terhadap warga asing melakukan transaksi tidak wajar di ATM BNI SPBU Gunung Soputan, pada Jumat (15/3) sekitar pukul 06.25 wita.

“Tersangka melakukan lima kali penarikan dengan total uang Rp 10 juta,” jelas Direktur Reskrimum Polda Bali Kombespol Andi Fairan Minggu (17/3).

Berdasarkan hasil penyelidikan, polisi berhasil mengidentifikasi sepeda motor yang dikendarainya jenis Yamaha Lexi. Namun, setelah mengecek kendaraan tersebut ternyata menggunakan nopol palsu.

Keesokan harinya sekira pukul 06.00 wita, Bakarskyida yang mengantongi paspor nomor 383738454 itu datang tapi tidak masuk ATM, karena ramai. Saat meninggalkan TKP, petugas mencoba memberhentikannya tapi target melarikan diri ke arah Jalan Nakula dengan melawan arus lalu lintas dan menabrak seorang pengendara, kemudian ditangkap.

Dari penangkapan diamankan barang bukti uang 40 juta pecahan Rp 100 ribu, uang Rp 6,5 juta pecahan Rp 50 ribu, empat lembar uang Euro pecahan 100, satu lembar uang pecahan 10 Dolar Amerika serta 10 lembar pecahan 1 Dolar Amerika. Kemudian, dua lembar pecahan uang 20 Euro, satu lembar uang Korea pecahan 100 Won, dua lembar uang pecahan 20 Leva dan dua lembar uang pecahan 5 Leva, serta dua lembar uang Euro masing-masing pecahan 10 dan 5 Euro.

Di Wilayah Jawa Barat juga terjadi pembobolan ATM, namun polisi berhasil mengamankan 2 orang dari 4 pelaku pencurian mesin ATM di mesin ATM bank BNI Kampus Mercubuana, Jatiranggon, Jatisampurna, Kota Bekasi, pada Kamis (14/3/2019). Pelaku yang berhasil diamankan berinisial H (32) dan I (25), sedangkan dua orang lainnya yang masih dalam pengejaran berinisial D (30) dan J (40).
Modus yang dilakukan para pelaku adalah berpura-pura mengambil uang di mesin ATM yang menjadi sasaran dan selanjutnya pelaku memasang kabel stop kontak dari kabel power mesin ATM.

“Pelaku memasukan kartu ATM dan setelah kartu masuk kemudian pelaku memencet menu dan melakukan pengambilan tunai,” terang Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari kepada PMJNews, Senin (18/3/2019).

Setelah mesin ATM terdengar akan mengeluarkan uang, pelaku mematikan mesin ATM dengan menggunakan kabel stop kontak yang sudah dipasang sehingga uang keluar di mulut mesin dan selanjutnya pelaku mengambil uang dengan menarik uang menggunakan pinset.

“Setelah uang berhasil diambil kemudian mesin ATM kembali dinyalakan lalu pelaku mengeluarkan kartu ATM dari mesin,” jelas Kompol Erna.

Kejadian di tempat yang berbeda, pembobolan ATM terjadi di Jakarta. Pelaku inisial RP berhasil ditangkap kepolisian. Penangkapan RP dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

“Saya nggak tahu namanya lengkap siapa. Saya dikasih inisial RP saja,” jelas Kombes Argo kepada wartawan, Minggu (17/3/2019).

Kabid Humas Polda Metro Jaya menjelaskaan RP sudah berstatus tersangka dan saat ini masih ditahan oleh polisi.

Presiden Direktur PT Bank Centra Asia (BCA) Tbk Jahja Setiaatmadja membenarkan jika terjadi pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) yang dilakukan oleh pemuda berinisial RP. Total kerugian akibat pembobolan hingga saat ini mencapai Rp 300 juta.
Akibat aksi pembobolan ini, nasabah BCA mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Angka tersebut berdasarkan laporan dari nasabah.

“Jumlah yang lapor kebobolan Rp 300 juta,” ungkap Jahja Setia Atmadja .

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password