Polri: Trik Agar Tidak Terpapar Hoaks, Pilah dan Pilih Informasi Kemudian Saring Sebelum Sharing

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Karo Multimedia Divhumas Polri, Brigjen Pol. Drs. H. Budi Setiawan, M.M., meminta kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam menerima informasi. Media sosial juga harus kita jaga agar tidak terpapar dengan berita bohong atau hoaks yang saat ini memang tengah merajalela di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disampaikan saat Diskusi Publik bertema, “ Implikasi Dan Konsekuensi Bahaya Kampanye Menggunakan Hoaks Pada Pemilu 2019” yang dilaksanakan pada Sabtu, (16/03/19), bertempat di The Apollo Cafe – Hotel Ibis Budget, Jln. Cikini Raya No. 75 Menteng.

Selain Brigjen Pol. Drs. H. Budi Setiawan, M.M., dalam kegiatan tersebut turut hadir sebagai narasumber yakni Staf ahli Sekjen Kementerian Kominfo Dr. Hendrasmo, MA., Direktur Eksekutif IPI Karyono Wibowo dan Pengamat Intelijen & Keamanan Stanilius Riyanta.

Dalam arahannya, Karo Multimedia mengharapkan masyarakat agar tetap damai dan tidak terpancing dengan berita bohong dan menyesatkan.

“Harapannya kami dari Kepolisian, siapapun tidak terjebak dalam persoalan hoaks. Pengennya ya masyarakat adem ayem, tentrem, gemah ripah loh jinawi,” harap Brigjen Pol Budi Setiawan.

Salah satu trik yang bisa disampaikan olehnya kepada publik agar terhindar dari hoaks, adalah kewaspadaan setiap menerima informasi apalagi yang belum jelas kebenaran dan sumbernya.

“Pesan saya kepada para pengguna Sosmed adalah jangan mudah emosi. Pilah dan pilih informasi. Dan yang paling penting adalah saring sebelum sharing, dan juga kepada pers dan pengelola media sosial untuk mengelola agar media sosial tidak terpapar dengan hoaks,” tegas Jenderal Bintang Satu tersebut.

Khawatirnya, Karo Multimedia menambahkan, jika media sosial terus dijejali dengan konten disinformasi maka dampak negatifnya bisa menyasar ke generasi penerus bangsa, khususnya kalangan millenial dan selanjutnya.

“Media sosial ini harus kita jaga karena menyangkut anak cucu kita nanti. Udah jarang baca buku, media sosial malah terpapar hoaks, kan bahaya,” tambah Brigjen Pol. Drs. H. Budi Setiawan,.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password