Polri : Abu Hamzah Rakit Puluhan Bom di Rumah

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, menjelaskan bahwa bersumber dari keterangan Abu Hamzah di dalam rumahnya ada puluhan bom.

Namun demikian, Datasemen Khusus 88 Anti-teror sudah mengamankan Husein alias Abu Hamzah di kediamannya daerah Sibolga, Sumatera Utara pada Selasa (12/03/2019).

Terungkap bahwa Abu Hamzah pintar merakit bom.
“Pengakuan pelaku AH’ itu ada sekitar puluhan bom yang suda terakit,” tutur Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta. Kamis, 14 Maret 2019.

Bom yang aktif berada di dalam rumahnya sebanyak empat buah dibawa oleh istrinya. Diduga bom yang dibawa istri Abu Hamzah sudah meledak untuk bunuh diri.
Saat pengepungan, hanya ada istri Abu Hamzah dan anaknya yang berusia sekitar 2 tahun. Keduanya tewas karena istri Abu Hamzah meledakkan diri dengan bom lontong rakitan sekitar pukul 01.20 WIB, Rabu (13/3).

“Yang sudah bisa dipastikan yaitu jasad yang ditemukan di TKP ada dua. Jasad seorang perempuan yang usianya di atas 30 tahun dan satu jasad anak-anak yang usianya sekitar 2 tahun. Ini masih proses identifikasi,” sambung Brigjen Pol Dedi Prasetyo.
Dari rumah Abu Hamzah di Jl KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, polisi menyita banyak barang bukti yakni 2 bom pipa, 4 buah casing tabung pipa dari LPG, 100 kg flash powder, 2 bom pipa tabung termasuk 1 bom pipa elbow.

“Kemudian dari hasil olah TKP kemarin, tim berhasil mengamankan 5 buah bom kontainer yang tadi jam 08.00 WIB sudah dilakukan disposal. Kemudian hari ini tinggal sisa-sisanya saja disterilisasikan,” jelasnya.

Diketahui bahwa Abu Hamzah merupakan jaringan teroris JAD afiliasi ISIS yang memiliki kemampuan untuk merakit bom dalam tekanan tinggi.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password