Polda Metro Dukung Aplikasi Panic Button Pemprov DKI Jakarta

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kepolisian Daerah Metro Jaya mendukung aplikasi yang di buat oleh Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi keamanan bernama ‘Jakarta Aman’ yang dilengkapi fitur tombol panic button atau tombol darurat untuk meminta bantuan.

“Prinsipnya Polda Metro Jaya mendukung aplikasi tersebut,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya. Rabu (13/3/2019).

Dalam hal ini, Kabid Humas berharap Pemprov DKI dan Kepolisian bisa berkomunikasi untuk pengembangan aplikasi tersebut.

“Aplikasi itu terobosan yang bagus. Bisa dikomunikasikan lebih lanjut,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya.
Penggunaan aplikasi ‘Jakarta Aman’ dengan cara menekan panic button atau tombol darurat sekitar tiga detik, operator akan langsung menghubungi pengguna. Lalu petugas terdekat dari BPBD dan instansi lainnya akan segera mendekat ke posisi masyarakat yang meminta bantuan.

Selain itu, Panic Button ada fitur seperti ‘Lapor’ untuk melaporkan kejadian kriminal, atau kebutuhan layanan publik. Nomor Penting, berisi daftar nomor telepon darurat dan alamat penting di sekitar lokasi juga tersedia dalam aplikasi itu. Kemudian ada fitur Komunitas Aman, fitur Siskamling Digital untuk keamanan lingkungan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa sangat terbantu oleh adanya Jakarta Aman. Gubernur berharap banyak orang mengunduh aplikasi Jakarta Aman. Dia juga mewajibkan jajarannya memiliki aplikasi tersebut.

“Alhamdulillah ini terwujud, terobosan untuk bangun rasa aman di Jakarta. Kita ingin ini bisa berfungsi. Maka harus lebih banyak yang download, register, kalau (yang ada di) ruangan ini hanya saya yang gunakan, maka tidak nyambung. Kalau semua pakai, semua tersambung. Seluruh jajaran Pemprov harus download. Bukan hanya lurah, tapi semua,” tutup Gubernur DKI Jakarta, Selasa (12/3) di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password