Persiapan Pemilu 2019, Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro Gelar Latihan Bersama

Tribratanews.polri.go.id – Surakarta. Dalam rangka persiapan mengahadapi Pileg dan Pemilu 2019, Polda Jawa Tengah menggelar simulasi latihan bersama TNI-Polri guna mengantisipasi keamanan pada Pemilu 2019 di Surakarta, yang dilaksanakan di De Tjolomadoe, Surakarta, Rabu (13/3/19).


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah petinggi Polri dan TNI diantaranya Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri Komjen Pol Unggung Cahyono selaku Kaopsdapus Operasi Mantap Brata dan Asops Kapolri, Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang juga Kepala Rencana Pengendalian Operasi Pusat Mantap Brata serta Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo dan Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Rafael Granada Baay.

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, mengatakan agenda simulasi pengamanan ini dilakukan dalam rangka persiapan mengahadapi Pileg dan Pilpres yang digelar bersamaan pada 17 April 2019. Pelatihan ini dilakukan di seluruh Polda dan bersinergi dengan Kodam setempat, serta di masing-masing Polres dengan bersinergi dengan Kodim setempat. Adapun alasan pemilihan kota Solo menjadi lokasi pelatihan karena intensitas kegiatan selama gelaran pemilu banyak dilakukan di wilayah Solo dan sekitarnya, baik itu agenda pasangan calon presiden 01 maupun pasangan calon presiden nomor 02. Dikhawatirkan berpotensi gesekan, jika dibandinglan dengan wilayah lain. Untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019 di Jateng nantinya saya akan menerjunkan personel sebanyak 23 ribu personel.

“Kegiatan ini diikuti seluruh polres di Kabupaten/Kota ikut simulasi di daerah masing-masing, termasuk sinergi dengan TNI. Bahwa ada tindakan tegas dari polisi jika keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terganggu. Ada beberapa Kabupaten/Kota yang dinilai rawan konflik selama penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019. Wilayah lain yang juga dikhawatirkan berpotensi terjadi konflik misalkan Karesidenan Kedu seperti Temanggung, Magelang, hingga Semarang, Pekalongan, Pati dan Banyumas,” tutup Kapolda Jateng.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password