Polda Jatim Nonaktifkan Ribuan Akun Palsu

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Demi menjaga kondusifitas menjelang Pileg dan Pilpres 2019 yang dilaksanakan April mendatang, Polda Jawa Timur menonaktifkan sekitar 4000 akun media sosial abal-abal karena berisi berita hoaks, fitnah dan mengandung ujaran kebencian.

 

“Sekitar empat ribu ya, akun yang sudah kita nonaktifkan,” terang Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol. Frans Barung Mangera, S.I.K., Selasa (12/3).

 

Kabid Humas menjelaskan ribuan akun itu terdiri dari akun medsos seperti facebook (FB), Instagram dan Twitter. Saat ini, akun-akun sejenis sedang menjadi perhatian, mengingat sebentar lagi masa Pemilihan Capres-Cawapres dan Legislatif.

 

“Kita tetap melakukan patroli cyber (cyber patrol). Ciri-ciri akun palsu kita sudah tahu. Ini akun palsu atau akun anonymous, kita sudah tahu. Kita lakukan penegakan hukum, melakukan intervensi counter, dan sebagainya,” tegas Kabid Humas.

 

Selain itu, Polda Jatim melalui Polres Banyuwangi juga telah melakukan penegakan hukum dengan mengamankan dan melakukan klarifikasi terhadap pelaku yang diduga melakukan ujaran kebencian melalui medsos.

 

Personel Polres Banyuwangi mengamankan 2 orang pelaku, diantaranya : S (64) yang merupakan warga Kalibaru Kulon, Kalibaru, Banyuwangi dan IS (44) warga Kalibaru Wetan, Kalibaru, Banyuwangi.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password