PENGGANDAAN UANG DI TRENGGALEK : Kesaktian RR Berakhir Di Tangan Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Di zaman serba internet sekarang ini masih saja ada orang yang percaya dengan penggandaan uang. Seperti yang dialami oleh 3 orang warga Trenggalek ini. Ketiga orang tersebut harus kehilangan uang jutaan rupiah setelah tertipu oleh RR, warga Desa Mlinjon Kecamatan Suruh dengan modus penggandaan uang.

(Baca juga : Polres Trenggalek Tangkap Komplotan Dimas Kanjeng Gentong Usai Tipu Korban Milyaran Rupiah)

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si melalui Kasubbaghumas Iptu Sardono menjelaskan, cerita berawal ketika pada Mei tahun lalu, korban yang merupakan warga Gandusari dan Kampak bertemu dengan RR. Dengan sangat meyakinkan, RR menyatakan bisa menggandakan uang hingga milyaran rupiah dengan cara membungkus uang menggunakan kain mori (kafan), kemudian dimasukkan dalam kardus dan disampingnya diberi sesaji kembang telon dan wedang telon. Agar lebih meyakinkan, korban diajak melakukan ritual di berbagai tempat keramat seperti makam Eyang Sri Gati di Ngawi, Punden Terung, Sendang Drajat dan beberapa tempat lainnya.

“Pelaku meyakinkan korban bahwa dia bisa menarik uang secara gaib. Uang tersebut diambil dari korban tsunami Aceh yang masih tertimbun tanah beberapa tahun silam”, ujar Sardono.

Pelaku juga menjanjikan, dengan ritual dua minggu, uang 800 ribu akan menjadi 800 juta dan uang 2 juta bahkan menjadi satu milyar.

Setelah ditunggu sekian lama, ternyata tidak terealisasi, korban pun minta pertanggungjawaban kepada pelaku. Karena tak sanggup mengembalikan, pelaku sempat kabur ke Jambi selama 2 bulan sampai akhirnya tertangkap petugas pada Jumat (20/01) yang lalu. Turut diamankan bersama pelaku, barang bukti berupa 3 buah kardus, kantong kain putih, sisir dan sebuah gelas.

“Kerugian mencapai 56 juta rupiah. Dan pelaku kami jerat pasal 372 dan 378 KHUP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara”, tandas Sardono.

Penulis : Ady
Editor : Kang Iqbal96
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password