Jelang Pemilu 2019, Kabaharkam Polri Berikan Arahan Kepada Jajaran Fungsi Baharkam Polda Kaltim

Tribratanews.polri.go.id – Kaltim.  Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum., memberikan arahan dalam rangka pelaksanaan Conditioning Strategy menghadapi pengamanan Pemilu 2019 kepada para personil Bhabinkamtibmas dan pengemban Polmas di jajaran Polda Kaltim, bertempat di Grand Ballroom Hotel Platinum, Selasa (13/03/2019).

Dalam kesempatan tersebut dihadiri pula oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M., Kakor Polairud Baharkam Polri, Wakapolda Kaltim, para pejabat utama Baharkam Polri, dan pejabat utama Polda Kaltim.

Kapolda Kaltim dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Kabaharkam Polri. Kapolda menuturkan bahwa situasi di Kalimantan Timur di bawah pengamanan Polda Kaltim saat ini terpantau dalam keadaan aman dan kondusif jelang Pileg dan Pilpres 2019. Kegiatan pendekatan masyarakat telah dilaksanakan dengan program-program seperti waketok yaitu wajib ketemu tokoh setiap harinya, dan pendekatan melalui sholat subuh maupun sholat jumat berjamaah.

“kami tentunya sangat bangga dan berterima kasih karena ini merupakan momen istimewa dimana kita semua dapat bertemu langsung dengan kabaharkam Polri dan mendapat arahan terkait pelaksanaan tugas kedepannya” tutur Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M

Selanjutnya dalam arahannya Kabaharkam Polri juga mengulas kembali empat prinsip operasional Polri, yakni mengutamakan pencegahan, keterpaduan, efektif dan efisien serta ofensif. Kabaharkam juga mengingatkan kepada para Kasatker dan Kasatwil bahwa Bhabinkamtibmas tidak boleh merangkap jabatan.

“untuk para bhabinkamtibmas tidak ada lagi yang merangkap jabatan, Ini supaya pelaksanaan tugas bisa focus dan maksimal, meskipun demikian peran polri untuk merangkul masyarakat bukan hanya tugas bhabinkamtibmas saja melainkan ada juga Polmas yang terdiri anggota Polri dari pangkat tertinggi sampai yang terendah, maka dari itu kami berikan saran agar dapat dibuat lagi program-program inovasi” jelas Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum.

Sementara itu, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum., menyampaikan agar berdayakan potensi masyarakat yang menjadi daerah binaan masing-masing personel. Karena hal tersebut merupakan cukup efektif bagi Polri dalam menggalang dan mengumpulkan informasi yang berkembang dimasyarakat.

“Laksanakan dengan baik strategi door to door system, sebab Bhabinkamtibmas selain menjadi garda terdepan dalam melayani masyarakat diharapkan mampu memperoleh informasi secara lebih cepat” tuturnya

Kabaharkam Polri menuturkan ada 3K yang harus dipedomani dalam melaksanakan hal tersebut agar berjalan secara maksimal yaitu Kolaborasi, Komunikasi dan Koordinasi.

“semua unsur dari Sabhara, Polairud, Pam Obvit dan Binmas harus melaksanakan prinsip 3K ini dengan baik sehingga akan tercipta keterpaduan dalam pelaksanaan tugas” lanjutnya.

(js/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password