Polresta Surakarta Usut Pelaku Pembuangan Limbah Berbahaya di Solo

Tribratanewspolri.go.id – Solo. Ratusan jarum suntik bekas ditemukan di tepi Jalan KH Masykur Jebres, Solo. Diduga sampah medis itu sengaja dibuang oleh orang tak dikenal, Kamis (07/03/19).

Jarum-jarum suntik pertama kali ditemukan oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surakarta yang sedang membersihkan jalan tersebut. Selain jarum bekas, terlihat beberapa jarum yang masih terbungkus plastik.

Polresta Surakarta saat ini sedang melakukan penelusuran terkait temuan limbah medis yang dibuang di bekas Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Jurug bebarapa hari lalu.

Untuk saat ini pihak Kepolisian masih belum menemukan oknum yang nekat membuang limbah jenis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) tersebut, jelas Wakapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai, (07/03/19).

“Sedang kami lakukan pengecekan di lokasi. Nanti akan kami lakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak yang diduga terlibat.” jelas AKBP Andy Rifai.

Pihak Kepolisian saat ini sedang fokus melakukan pemetaan terhadap fasilitas kesehatan di radius kawasan tersebut.

“Masih kita selidiki. Nanti kita lihat apa motifnya. Untuk hukuman, kita sesuaikan dengan jenis pelanggarannya,” jelas Wakapolresta Surakarta.

Sementara itu, pakar lingkungan hidup Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Pranoto jika Limbah B3 yang terlalu lama menumpuk bisa berbahaya. Mengingat sifatnya yang infeksius (sumber bibit penyakit).

“Contohnya seperti timbal yang bisa menurunkan IQ, mercury bisa menyebabkan keturunan cacat, dan logam berat menimbulkan kangker. Sehingga memang pengolahan limbah B3 harus dilakukan sebaik mungkin oleh tenaga ahli yang telah punya ijin.” tutur Pranoto.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password