RR Ditetapkan Tersangka Berdasarkan Bukti Permulaan yang Cukup

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M, mengatakan Aktivis RR menyandang status tersangka atas kasus penghinaan terhadap penguasa. Penyidik sudah memiliki dua alat bukti yang cukup untuk menaikkan tahap penyelidikan ke penyidikan, Kamis (07/03/19).

“Pertama adalah dari pemeriksaan ahli. Kedua dari alat bukti berupa pengakuan yang bersangkutan,” jelas Karopenmas Divhumas Polri , Kamis (7/3).

“ia sudah mengakui. Jadi konstruksi hukum perbuatan melawan hukum untuk pasal 207-nya terpenuhi di situ,” tambahnya.

Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, mengatakan, pihaknya menjerat RR dengan pasal 207 KUHP. Sebab, yang disampaikan tidak sesuai dengan data dan fakta dan justru malah mendiskreditkan.

“Tanpa ada data dan fakta, itu mendiskreditkan salah satu institusi, itu berbahaya,” tegas Karopenmas Divhumas Polri.

Jenderal Bintang Satu tersebut mengatakan, tidak mempersoalkan bagi siapa saja yang ingin menyampaikan pendapat sepanjang memenuhi unsur pasal 6 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

Kriteria yang harus dipatuhi pada pasal enam yakni pertama harus menghormati hak asasi orang dalam menyampaikan pendapat di muka publik. Kedua, harus menghormati aturan moral yang berlaku. Ketiga, harus mentaati aturan perundang-undangan yang berlaku. Keempat harus menjaga, dan menghormati keamanan dan ketertiban umum. Kelima, menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan.

Dalam kasus ini, penyidik melihat RR melanggar aturan tersebut saat berorasi di acara tersebut. Meski telah berstatus tersangka, Karopenmas Divhumas Polri menyampaikan RR tidak ditahan karena ancaman hukuman hanya 1 tahun 6 bulan.

“Narasi-narasi yang disampaikan sangat mengganggu. Oleh karenanya dari penyidik menerapkan pasal 207 KUHP, jadi penyidik tidak melakukan penahanan dan hari ini diperbolehkan yang bersangkutan untuk kembali,” tutup mantan Wakapolda Kalteng tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password