Polda Kalbar Bersama Lembaga Pemasyarakatan Serius Perangi Narkoba

Tribratanews.polri.go.id – Pontianak. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono, S.H, M.H. menghadiri pelaksanaan apel besar jajaran Pemasyarakatan yang digagas oleh Kanwil Kemenkumham di Lapangan Mapolda Kalbar, Selasa(5/3/19).

Turut hadir dalam kegiatan apel besar tersebut para Pejabat Kanwil Kemenkumham serta Jajaran Pemasyarakatan Kalbar.

Dalam sambutannya, Kapolda Kalbar mengatakan bahwa mencermati beberapa kejadian di Rutan, baru-baru ini masih segar dalam ingatan terjadinya peredaran gelap narkoba di tengarai dikendalikan oleh oknum-oknum tahanan atau narapidana dengan menggunakan sarana telepon genggam. Oleh karena itu dalam kesempatan ini, mari kita secara bersama-sama menentukan sikap dan mengambil langkah-langkah progresif dan serius dalam upaya-upaya pemberantasan narkoba yang merupakan biang keladi perusak bangsa dan negara.

“Sesuai data Kepolisian Daerah Kalimantan Barat pada akhir tahun 2018 kasus-kasus narkoba menjadi trending topik di media arus utama atau mainstream dan menjadi peringkat pertama di antara kasus-kasus transnational crimes dan menjadi alasan pemicu utama dalam kejahatan konvensional. Tercatat di tahun 2017 terjadi 530 kasus, meningkat di tahun 2018 terjadi 771 kasus, naik 241 kasus atau 45 persen di antara kasus-kasus tersebut terdapat 3 kasus dengan 12 tersangka dengan barang bukti 6,1 kilogram sabu dan 2.157 butir ekstasi. Kasus tersebut sangat terorganisir dengan melibatkan pegawai Rutan, dan hasil koordinasi sesama unsur pimpinan maka terhadap pegawai tersebut telah diambil tindakan hukum secara tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,” tambah Kapolda Kalbar.

Untuk diketahui, kegiatan apel bersama tersebut digelar merupakan sebagai langkah strategis untuk menyatukan visi dan misi antara Polri dan Kanwil Kemenkumham dalam membangun kebulatan tekat sinergitas dan soliditas kita dalam memberantas narkoba di Rutan/cab, Rutan/Lapas/LPKA sebagai wujud integritas kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password