Jelang Pemilu Tahun 2019, Polda Sultra Gelar Pelatihan Sispamkota

Tribratanews.polri.go.id – Kendari. Kepolisian Daerah Sultra menggelar latihan sistem pengamanan kota (sispamkota) dalam rangka menghadapi kontijensi dan antisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Sultra jelang pemilu tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan Mako Brimob Polda Sultra, Senin(4/3/19).

Pembukaan pelatihan yang dibula langsung oleh Karoops Polda Sultra yang diwakili oleh Kabag Binlatops Roops Polda Sultra AKBP Sunardi. Pelatihan sispamkota tersebut akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari dengan melibatkan 813 personil gabungan Polda Sultra dan Polres Kendari.

Dalam sambutannya, Kabag Binlatops Roops Polda Sultra menyampaikan bahwa agar personel bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan untuk mendapatkan manfaat dari pelatihan tersebut agar berguna dalam pelaksanaan tugas. Pelatihan ini diselenggarakan untuk mewujudkan sosok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta aparat penegak hukum yang mahir, terpuji, patuh hukum dan dipercaya masyarakat. Maka Polri dituntut untuk dapat melaksanakan tugas secara efektif, efisien dan akuntabel dalam pelaksanaan pengamanan pemilu tahun 2019.

“Pelatihan ini meliputi pengamanan logistik pemilu dengan cara mengawal mulai dari percetakan sampai ke KPU Prov. Sultra, prosedur medis dan food security, sterilisasi oleh Unit Jibom, pengawalan dan pengamanan capres, pengamanan dan pengaturan oleh lalulintas, pengamanan capres dan escape, gangguan terhadap capres, penyusupan, sabotase dan penyanderaan, penyelidikan oleh Intel dan pembebasan sandera. Kemudian pelatihan tahap pemungutan suara yaitu pengawalan kotak suara, penanganan terjadinya keributan pada saat perhitungan suara di TPS, hingga tahap pelantikan capres pemenang pemilu tahun 2019,”tutup Kabag Binlatops Roops Polda Sultra.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password