Wakapolri Hadiri Acara Deklarasi Pemilu Damai Keluarga Besar Putra Putri (KBPP)

Tribratanews.polri.go.idJakarta . Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen. Pol. Drs.Ari Dono Sukmanto, S.H. menegaskan bahwa netralitas personel kepolisian di Pemilu 2019 menjadi harga mati.

Wakapolri menyebut netralitas menjadi pertaruhan membangun kepercayaan di masyarakat untuk menyelesaikan semua persoalan hukum yang sedang berjalan.

“Dalam menyelesaikan persoalan-persoalan (hukum), kepolisian perlu mendapat kepercayaan dari masyarakat. Pada titik ini, netralitas menjadi kuncinya,” kata Wakapolri di sela menjadi keynote speaker acara deklarasi pemilu damai Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri serta sejumlah organisasi masyarakat dan kepemudaan, Sabtu (2/3).

Mantan Kabareskrim tersebut menegaskan jika ditemukan anggota polri yang tidak netral dalam praktiknya, Polri memiliki mekanisme hukum yang berlaku. Hal itu semata-mata untuk menjaga keamanan dan kedamaian pemilu baik pemilihan umum presiden (pilpres) maupun pemilihan umum legislatif (pileg).

Tak hanya kepolisian, Komjen. Pol. Drs.Ari Dono Sukmanto juga mengimbau agar masyarakat membantu pemilu berlangsung aman dan damai. Ia mengatakan, masyarakat terutama generasi milenial harus berperan aktif. Caranya, lanjut dia, dengan tidak ikut menyebarkan berita hoaks atau berita bohong.

Dalam paparannya membuka Diskusi Interaktif Nasional dan Deklarasi Pemilu Damai Tanpa Hoaks, Tanpa Ujaran Kebencian, Tanpa Isu SARA tersebut, Komjen. Pol. Drs.Ari Dono Sukmanto mengungkap gejala hoaks yang beredar luas di masyarakat jelang Pemilu 2019.

“Fenomena ini harus diambil sikap, salah satu di antaranya kita harus bersatu padu untuk kita damai meskipun berita (hoaks) itu ada, penegakan hukum tetap dilaksanakan,” jelas Wakapolri.

Menurut jenderal bintang tiga tersebut, pemilu di Indonesia tidak lagi hanya diwarnai keributan di media sosial saja, seperti hoaks. Namun, keributan itu kini telah muncul dan bergeser ke dunia nyata.

“Yang tadinya hanya ribut di medsos. Sudah bergeser sekarang ke dunia nyata. Ini yang harus kita cegah,” ujar Komjen. Pol. Drs.Ari Dono Sukmanto.

py/sw/hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password