Polda Sumut Selidiki Penyebar Video Surat Suara Telah Tercoblos

Tribratanews.polri.go.idMedan. Kepolisian Daerah Sumatera Utara menyelidiki kasus video yang menyebutkan terjadinya kericuhan di KPU Kota Medan dan surat suara telah tercoblos.

“Laporan dari KPU Sumut dan Medan akan kita tindak lanjuti. Kita akan bekerja semaksimal mungkin untuk mengungap siapa pelaku penyebar video hoaks itu,” jelas Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja, Minggu (03/03/19).

Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja mengimbau, agar masyarakat untuk berhati-hati dengan berita hoaks yang beredar belakangan ini. Karena, kata Tatan, setiap penyebar berita hoaks akan dipidana.

“Hoaks bisa menyebabkan kepanikan dan berpotensi memancing konflik di tengah masyarakat. Polda Sumatera Utara akan mengungkap dan melakukan penindakan,” tegas Kabid Humas Polda Sumut.

Diberitakan, sebuah video yang menyebutkan kantor KPU Kota Medan ricuh, dan surat suara dicoblos beredar di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun facebook Muhamad Adrian dan Kusmana. Dalam postingannya, Adrian menambahi keterangan yang bernada provokatif “Memang kurang ajar kau KPU di Sumatera Utara, surat suara sudah tercoblos,” terang Adrian dalam postingannya.

Sementara Kusmana malah menuding bahwa video itu menggambarkan kericuhan terjadi di KPU Kota Medan. Ia menyatakan “KPU Medan digrebek warga sedang mencoblos surat suara 01. Kecurangan sudah mulai terlihat secara nyata. Keburukan rezim Jokowi dan kualisinya mulai terbongkar,” tulis Kusmana dalam video yang diunggah pada Sabtu (2/3/2019).

Namun, pada kenyataannya video itu merupakan kericuhan yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, pada Pilkada serentak beberapa waktu lalu.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password