Rapimda 3 Propinsi, TNI-Polri Bersinergi Amankan Pemilu 2019

Tribratanews.polri.go.id- Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) TNI-Polri Provinsi Kaltim, Kaltara dan Kalsel 2019, dilaksanakan di Aula Makodam VI/Mulawarman, Kamis (28/2/19).

Rapat ini membahas sinergi TNI-Polri dalam upaya pengamanan Pemilu 2019 dan pembangunan nasional.

Dalam Rapimda ini turut dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, beserta jajarannya di tingkat daerah Kaltim dan Balikpapan.

Selain itu, ada juga Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol. Heru Winarko, hadir dalam acara ini.

Adapun tema yang diusung Rapimda ini, yakni, Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, dan Netralitas, TNI-Polri Bersinergi Mengamankan Pemilu 2019 dan Pembangunan Nasional dalam rangka menjaga keutuhan NKRI di wilayah Kaltim, Kalsel dan Kaltara.

Setelah Rapimda, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto, mengatakan, TNI-Polri bersama aparat keamanan lainnya, siap mengamankan Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 itu.

“Kami siap amankan pemilu pada 17 April mendatang. Tentunya sesuai dengan tugas pokok masing-masing dari kita, baik TNI maupun Polri,” jelasnya, didampingi Kapolda Kaltim, Irjen Pol Priyo Widyanto.

Dijelaskan Panglima Kodam, dalam hal ini, TNI hanya mem-backup pengamanan yang dilakukan Polri.

Sebab, kewenangan menjaga keamanan dalam negara, menjadi kewajiban dan tugas Polri.

“Panglima TNI sudah memerintahkan saya, akan memberikan bantuan (pasukan TNI) kepada rekan Polda (Kaltim, Kaltara dan Kalsel) itu sejumlah 9.600 orang dan 9.600 itu untuk wilayah Kaltim, Kalsel dan Kaltara, Itupun kami masih siap menambah pasukan kalau di minta Pak Kapolda,” jelas Mayjen TNI Subiyanto.

Mayjen TNI Subiyanto menambahkan, Pada Pemilu nanti akan ada tiga daerah di Kaltim dan Kalsel yang akan menjadi perhatian khusus pihaknya.

“Samarinda, Balikpapan dan Banjarmasin, akan kami tebal pengamanannya,” ungkap Pangdam VI/Mulawarman

Di kesempatan yang sama Kapolda Kaltim, Irjen Pol Priyo Widyanto juga mengatakan bahwa kesiapan TNI-Polri mengamankan Pemilu 2019 bukan tanpa dasar. Menurut Priyo, suksesnya Pilgub 2018 lalu, menjadi modal besar bagi Polda Kaltim dan Kodam VI/Mulawarman untuk mensukseskan Pemilu 2019.

“Kami punya pengalaman pada (Pilgub) 2018 lalu,” tegas Kapolda Kaltim.

Disebutkan Kapolda Kaltim, pihaknya menerjunkan 5.231 personel kepolisian untuk mengamankan Pemilu 2019.

Namun jumlah tersebut dipastikannya masih bisa bertambah.

“Masih ada sepertiga kekuatan yang belum digunakan,” ungakap Irjen Pol. Priyo Widyanto

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password