Direktorat Polairud Polda Maluku Utara Melakukan Penandatangan Kesepakatan Bersama dengan Stake Holder Lainnya Untuk Mewujudkan Pelabuhan Ahmad Yani Bebas Sampah

Tribratanews.polri.go.id – Maluku Utara.  Polda Maluku Utara, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2019, Polda Maluku Utara melaksanakan berisih-bersih sampah di seputara Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Pantai Falajawa dan Land Mark Kota ternate. Kamis 21/02/19.

Aksi bersih-bersih sampa ini dimotori oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto., M.Si. dan Dir Polairud Polda Malut Kombes Pol. Arif Budi Winova S.I.K., M.Si., dan Stake Holder lainnya. Dengan melibatkan Kurang Lebih 1050 orang dari TNI Polri, Basarnas,  Bhayangkari Daerah Maluku Utara, Para Pelajar, Guru-guru dan instansi terkait lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Direktorat Polairud Polda Malut saat di konfirmasi mengatakan, Peringatan hari peduli sampah nasional ini merupakan moment kita bersama untuk mengajak diri kita, keluarga, tetangga dan lingkungan sekitarnya agar menyadari perlunya menjaga lingkungan hidup kita dari sampah dan membiasakan untuk hidup bersih.

“Terkait pelaksanaan yang dilaksanakan di kawasan pelabuhan Ahmad Yani, Dir Polairud Polda Malut Kombes Pol Arif Budi Winova S.I.K., M.Si.,  mencoba untuk membuat suatu pilot project kawasan bebas sampah di kota ternate. Oleh karena itu pada kesempatan ini, kami membuat kesepakatan bersama untukk mewujudkan pelabuhan yang bebas dari sampah.” Ungkap Dir Polairud.

Selain melaksanakan bersih-bersih sampah Direktorat Polairud Polda Maluku Utara bersama Stake Holder lainnya, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama untuk menjaga kebersihan dilingkungan pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Dalam penandatangan kesepakatan bersama, ada 5 poin penting yang telah disepakati yakni, 1. Pengelola dan pengguna jasa wajib memiliki tempat sampah yang tertutup, menyediakan tempat sampah sementara dan setiap hari untuk di angkut ke tempat pembuangan akhir, 2. Pengelola dan pengguna jasa pelabuhan wajib membuat aturan terkait dengan pengelolaan sampah di lingkunganya masing masing, 3. Setiap kapal yang berlabuh yang melakukan kegiatan bongkar muat dilarang membuang sampah ke laut, 4. Pengelola dan pengguna jasa pelabuhan akan melakukan evaluasi secara berkala setiap program kegiatan pelabuhan bebas sampah, 5. Pengelola dan pengguna jasa pelabuhan wajib dan mendukung mewujudkan pelabuhan bebas sampah.

Kombes Pol. Arif Budi Winofa S.Ik., M.Si juga mengatakan bahwa Penanggulangan sampah membutuhkan kesadaran dari diri kita sendiri, dimana kita mau untuk tidak membuang sampah sembarangan kemudian berani ambil sampah yang dijumpai di jalan untuk dibuang ke tempatnya, otomatis masyarakat akan turut serta untuk menjaga kebersihan di Kota Ternate.

Dir Polairud Polda Maluku Utara Juga menghimbau kepada masyakat Maluku Utara khususnya Kota Ternate, marilah kita meningkatkan kesadaran  untuk tidak membuang sampah sembarangan, mulai dari diri kita sendiri, mulai hari ini dan tidak saling menyalahkan dan saling melempar tanggungjawab terhadap maraknya sampah khususnya di kota ternate.

“Sebab bila diri kita masing masing sudah terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan, maka kedepan Kota Ternate tidak mustahil akan menjadi Kota terbersih, terindah dan menepis anggapan bahwa Kota Ternate penuh sampah.” Ungkap Kombes Pol Arif Budi Winofa.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password