Tim Mabes Polri Serahkan Berkas Bos ‘Smelter’ ke Kejaksaan

Tribratanews.polri.go.id – Bangka Belitung. Penyidik Tipidter Bareskrim Polri menyerahkan Siaw Sui Thin alias Asui, Direktur PT. Panca Mega Persada (PMP) ke Kejaksaaan Negeri Sungailiat pada Rabu (27/2/19).

 

Tahap II ini dilakukan penyidik setelah berkas perkara bos Smelter ini sebelumnya telah dinyatakan lengkap oleh Jaksa atau P21. Hal tersebut langsung disampaikan oleh Dirkrimsus Polda Kepulauan Babel,  AKBP Indra Krismayadi, S.I.K., M.Si.

 

“Hari ini kita mendampingi tim penyidik Mabes Polri menyerahkan tersangka SST dan barang bukti ke Jaksa Kejari Sungailiat setelah sebelumnya berkas dinyatakan P21,” jelas AKBP Indra Krismayadi.

 

Seperti diketahui pada 11 Oktober 2018 lalu Tim Dit Tipidter Bareskrim Polri didampingi oleh Tim Ditreskrimsus Polda Kepulauan Babel melakukan pengecekan di Smelter PT. PMP dan menemukan adanya satu unit truck sedang menurunkan pasir timah dikemas dalam karung. Diduga pasir timah tesebut berasal dari penambangan ilegal.

 

Selanjutnya didalam Smelter juga ditemukan kegiatan pengolahan dan pemurnian pasir timah menjadi ingot (timah batangan).

 

Polisi kemudian mengamankan BB berupa 9.203,8 kg pasir timah, 15 Ton timah batangan dan 1 unit mobil truck.

 

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut total barang bukti yang diamankan di area Smelter yakni pasir timah seberat kurang lebih 97 Ton, serta timah batangan 15 Ton di area PT. PMP. Selain itu juga diamankan sekitar 50 ton balok timah di gudang PT. Tantra Karya Sejahtera (TKS).

 

Berkas perkara Asui dikirimkan ke Kejaksan Agung RI dan setelah melalui tahapan kemudian pada 4 Februari 2019 dinyatakan lengkap P21 berdasarkan surat Jampidum Kejagung RI Nomor B-687/E-4/EPk/02/2019.

 

Selanjutnya penyidik melakukan pelaksanaan tahap II ke Kejari Sungailiat pada Rabu (27/2/19).

 

“Penyidik menjerat dengan Pasal 161 undang undang RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara,” jelas AKBP Indra Krismayadi.

 

Untuk barang bukti penyidik bersama jaksa juga melakukan pengecekan ke PT PMP dan PT TKS.

 

“Barang bukti karena kita tidak memiliki tempat dipolice line dan dititipkan di PT PMP dan PT TKS hari ini juga dilakukan pengecekan barang bukti bersama jaksa,” tutup aKBP Indra Krismayadi.

 

(rz/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password