Kapolri: Lakukan Pencegahan dan Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Tribratanews.polri.go.id-Pontianak. Kapolri Jenderal Pol. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., memerintahkan, agar Kapolda se-Kalimantan melakukan pencegahan hingga kepada penindakan hingga pengusutan pelaku pembakaran hutan dan lahan ( Karhutla). Selasa (26/2/19).

“Untuk itu saya ingatkan kepada para kapolda se-Kalimantan agar mempersiapkan diri dalam melakukan upaya-upaya sesuai SOP yang ada, mulai dari melakukan pencegahan hingga kepada penindakan,” tegas Jenderal Pol. Tito Karnavian saat melakukan kunjungan kerja di Mapolda Kalbar, Pontianak.

Kapolri dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Pontianak dalam rangka meninjau langsung upaya-upaya pencegahan dan penindakan Karhutla, serta mengevaluasi Operasi Mantap Praja dalam rangka pengamanan Pemilu 2019 di Kalbar.

“Biasanya selain Sumatera bagian pantai timur, akan disusul Pulau Kalimantan. Dan saya lihat di Kalbar masih hujan,” ungkap Guru Besar PTIK tersebut.

Sehingga, menurut dia, dirinya sudah memerintahkan kepada para Kapolda se-Kalimantan untuk melakukan pencegahan Karhutla serta penindakan kepada para pelaku Karhutla tersebut.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Didi Haryono menyatakan, pihaknya terus mendorong semua instansi terkait terus melakukan sosialisasi dampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan agar masyarakat semakin sadar dengan tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan mereka.

“Saran kami di tahun 2019, agar terus melakukan sosialisasikan akibat asap, kepada masyarakat, dan mudah-mudahan dengan sosialisasi tersebut, maka masyarakat tidak membakar lahan lagi,” harap Kapolda Kalbar.

Menurut Kapolda Kalbar, hampir sekitar 99 persen Karhutla semuanya karena dibakar bukan terbakar. Apalagi 14 kabupaten/kota di Kalbar, semuanya mempunyai lahan gambut yang mudah terbakar dan sulit untuk dipadamkan.

Data Polda Kalbar, mencatat sepanjang tahun 2018, tercatat sebanyak 1.100 hektare lebih lahan gambut yang terbakar, dan sebanyak 30 orang yang dilakukan proses hukum dan 6 orang meninggal dunia.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password