Ditreskrimsus Polda Sumut Berhasil Gagalkan Perdagangan 16 Satwa Dilindungi

Tribratanews.polri.go.id-Medan. Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut berhasil gagalkan perdagangan 16 ekor burung langka yang dilindungi.

Semua burung yang disita merupakan hewan yang dilindungi undang-undang. Ke-16 burung tersebut yaitu 1 ekor rangkong papan atau enggang papan, 1 ekor kakaktua jambul kuning, 3 ekor juvenil burung kasuari kelambir ganda, 5 ekor burung kakaktua raja, 5 ekor kesturi raja atau nuri kebare dan 1 ekor kakaktua maluku.

Pada kesempatan tersebut, Direskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Ronny Samtana mengatakan, dari seluruh burung itu, hanya satu ekor yang berasal dari Sumatera Utara yaitu burung rangkong papan, selebihnya ini berasal dari luar Sumatera Utara, dari Indonesia Timur, ada Maluku dan Papua.

Diketahui tersangka memelihara satwa dilindungi ini dan diduga akan menjualnya. Ada 2 tersangka, saat ini Polda Sumut sudah mengamankan 1 tersangka Adil Aulia (28), sementara Robby (37) belum ditemukan.

Menurut Melihat dari jenis satwa yang disita, Direskrimsus menduga peredaran satwa ini melibatkan jaringan besar. Karena itu Polda Sumut masih mendalaminya, termasuk mencari tahu dari mana para pelaku mendapatkan burung-burung dilindungi itu.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password