Safari Kamtibmas, Polda Bali Ajak Masyarakat Waspada Berita Hoax Jelang Pemilu

Tribratanews.polri.go.id – Jembrana. Dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif guna mewujukan Pemilu tahun 2019 yang damai dan sejuk, Polda Bali melaksanakan kegiatan safari Kamtibmas di Kelurahan Loloan Barat, Jembrana, Sabtu (23/2/19).

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Polisi Air dan Udara Polda Bali, Kombes Pol. Hadi Purnomo, S.H., M.H., Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K, M.Si., Kapolres Jembrana AKBP Budi P. Saragih, S.I.K, Lurah Loloan Barat, tokoh agama dan puluhan warga Kelurahan Loloan Barat.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K, M.Si. mengatakan, pihaknya datang ke Kelurahan Loloan Barat untuk melaksanakan safari Kamtibmas. Dalam safarinya, ia menjelaskan tentang tugas pokok kepolisian sesuai yang tertuang dalam Pasal 13 UU No. 2 Tahun 2002, yaitu polisi sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. “Kedatangan ke Kelurahan Loloan Barat dalam rangka melaksanakan tugas pemelihara Kamtibmas, pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat. Diharapkan tidak sampai polisi melakukan penegakan hukum. Artinya cukup dengan kegiatan pre-emtif dan preventif, masyarakat dapat patuh terhadap hukum,” jelas Kabidhumas.

Kabidhumas juga menjelaskan tentang pengaruh perkembangan teknologi yang menyebabkan semua informasi beredar dengan cepat dan mudah diakses oleh siapa pun. Salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi adalah banyak beredar berita-berita tidak benar (hoax) dan ujaran kebencian (firehose of falsehood). “Tahun politik ini sangat banyak beredar berita yang berisi tentang hasutan dan memutarbalikan fakta. Jadi, setiap mendapatkan informasi yang belum diketahui kebenarannya, jangan langsung ikut menyebarkan agar tidak melanggar UU ITE. Saring sebelum sharing, think before you clik,” jelas Kabidhumas.

Kabidhumas juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kelurahan Loloan Barat agar tidak Golput dalam Pemilu 2019 yang akan digelar pada bulan April mendatang. “Gunakan hak pilih sebaik- baiknya, serta selalu menggunakan akal yang sehat dalam menentukan pilihan demi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Pilihlah pemimpin yang mencintai rakyatnya,” jelasnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password