Kapolda Bali Gelorakan Cinta NKRI di Universitas Udayana

Tribratanews.polri.go.id – Denpasar. Dengan semakin maraknya ancaman intoleransi dan radikalisme belakangan ini menjelang pesta demokrasi tahun 2019 menjadi perhatian serius dari Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reindard Golose. Supaya hal itu tak terus berlanjut, seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda perlu melakukan langkah-langkah antisipasi, salah satunya dengan meningkatkan pemahaman terhadap falsafah bangsa.

Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan serta mengantisipasi ancaman intoleransi, radikalisme dan terorisme dikalangan mahasiswa, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reindard Golose memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Kamis (21/2/19).

Dalam kuliahnya dengan materi “Mengantisipasi Ancaman Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme” itu, Kapolda menyampaikan bahwa saat ini ancaman berbau memecah belah bangsa semakin banyak. Jika dibiarkan, lambat laun akan berubah menjadi kenyataan.

Perlu juga langkah-langkah antisipasi, terutama dari generasi muda yang nantinya menjadi penerus bangsa. Salah satu caranya dengan meningkatkan wawasan nusantara, memaknai nilai Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, dan Pancasila yang seluruhnya menjadi falsafah negara.

Saat ini kelompok radikalisme yang memiliki keterkaitan dengan bom Bali I dan II yang sebelumnya telah kembali ke Afganistan dan Philipina Selatan, mulai datang ke Indonesia. Hal ini pun perlu juga diwaspadai oleh masyarakat. “Bali memiliki tingkat toleransi sangat tinggi dan boleh dikatakan luar biasa. Dan ini saya rasakan ada dan amat sangat menggelora di gendung Fakultas Kedokteran Unud,” jelas Kapolda.

Kapolda menegaskan tidak boleh ada bendera lain selain bendera merah putih, tidak boleh ada nuansa lain yang menggangu persatuan dan kesatuan di Negara Republik Indonesia. “Mari kita jaga bersama-sama pulau Bali ini. Mengingat pulau Bali sebagai The Island of Gods, The Island of Love, The Island of Paradise, The Island of Thousand Temples, The Island of Peace and The Island of Tolerance,” jelasnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.b., Sp.OT(K) mengungkapkan bahwa pelaksanaan kuliah umum ini merupakan serangkaian dengan HUT Fakultas Kedokteran. Ini sebagai salah satu upaya untuk memperkuat rasa cinta terhadap Indonesia. Hal ini juga penting untuk meningkatkan wawasan kebangsaan serta menjadi bekal para dosen dan mahasiswa yang merupakan aset penurus bangsa.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password