Polisi Berhasil Menangkap 5 Tersangka Pencurian Barang Garmen

Tribratanews.Polri.go.id-Tanggerang. Kepolisian Resor Bandara Soekarno-Hatta mengungkap kasus pencurian barang-barang garmen senilai ratusan juta rupiah yang akan diekspor ke Korea melalui kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Ada lima tersangka yang ditangkap dalam kasus ini, Jumat(22/02/19).

Lima tersangka yang diamankan yakni berinisial W, AS, YS, AF, dan S. Para pelaku diringkus setelah melakukan pencurian barang ekspor berupa bahan pakaian milik PT Daedong Internasional, jelas Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol. Victor Togi Tambunan.

Kapolresta Bandara Soetta menjelaskan, pencurian tersebut bermula ketika PT Daedong Internasional hendak mengirim barang sebanyak 2,2 ton menuju Bandara Soetta bekerja sama dengan PT Trans Utama Indokarya yang merupakan sebuah perusahaan forwarder.

Karena tak memiliki armada pengangkut, perusahaan jasa pengiriman ini kemudian menghubungi pelaku AF dan meminta disediakan kendaraan pengangkut. Saat diminta menyediakan kendaraan, AF pun menghubungi AS dan W selaku pemilik kendaraan.

Pelaku S dan YS kemudian berperan menjadi sopir yang akan mengantarkan barang garmen tersebut dari Ciawi, Jawa Barat menuju bandara. Di tengah perjalanan, AS menghubungi S dan YS untuk membelokkan kendaraannya ke daerah Cilebut, Bogor.

Sesampainya di daerah Cilebut, para pelaku mengeluarkan barang garmen yang berada di dalam beberapa kardus sebanyak 993 piece. Sedangkan sisanya diantar ke bandara.

“Mulai dari berat barang, sebetulnya sudah berkurang saat ditimbang di kargo. Kemudian, sampai negara sana (Korea) ternyata barangnya tidak sesuai (jumlah), harusnya yang dikirim sebanyak 3.897 garmen merek ASICS tapi yang sampai hanya sekitar 3.000,” jelas Kombes Pol.Victor Togi Tambunan.

Para tersangka mengaku barang hasil curiannya itu dijual seharga Rp45 juta ke seorang penadah. Polisi menjerat pelaku dengan pasal 363 KUHP ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password