Polda Kalsel Gelar Upacara Hari Peduli Sampah Nasional di TPA

Tribratanews.polri.go.id- Banjarmasin. Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan menggelar Upacara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 tempat pembuangan akhir (TPA) Basirih Kota Banjarmasin, Kamis (21/2/2019).

Dalam upacara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 dipimpin oleh Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Inspektur Jenderal Polisi Drs. Yazid Fanani, MSi dengan dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs Aneka Pristafuddin, Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua Bhayangkari Kalsel Ny Rinny Yazid Fanani beserta Pengurus Bhayangkari, seluruh personil Polda Kalsel dan Satpol PP peserta bersih-bersih peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

Kapolda Kalsel dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk peduli kepada lingkungan sekitarnya.

“Lindungi bumi dari pencemaran sampah dan limbah,” jelas Kapolda Kalsel.

Lebih lanjut disampaikan, dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini, salah satu untuk mengenang tragedi kejadian di TPA Leuwigajah Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 dimana pada saat itu tumpukkan sampah di TPA Leuwigajah ambruk akibat guyuran hujan sehingga sampah menggelinding sejauh hampir 1 kilometer dan mengakibatkan hampir 150 jiwa melayang dan puluhan rumah rusak berat.

Untuk mewujudkan bebas sampah, Polri bersama masyarakat melakukan program hidup bersih sebagaimana tema HPSN 2019 yakni “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.
“Kiranya niat tulus dan kerja keras kita dalam mengelola sampah di wilayah Kalsel senantiasa diberikan kemudahan dan kekuatan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” harap Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si.

Sementara dalam kegiatan ini Kapolda Kalsel memberikan secara simbolis peralatan kebersihan kepada personel kebersihan, sedangkan Ibu Ketua Bhayangkari Kalsel Ny. Rinny Yazid Fanani beserta Ibu Wakil Ketua Bhayangkari Kalsel Ny. Triana Aneka Pristafuddin didampingi para Pengurus Bhayangkari Kalsel menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Kategori Bersih-bersih Sungai yakni Juara 1 Ibu Jaitun dengan berat 14,5 kg, Juara 2 Ibu Salasiah dengan berat 13 kg, dan Jam’ah dengan berat 12 kg.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password