Iming-Iming Bisa Loloskan Jadi Polisi, Bhayangkari Gadungan Tipu Korbannya Rp 639 Juta

Tribratanews.polri.go.id – Denpasar. Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Ruddi Setiawan, S.I.K., S.H., M.H. mengatakan tersangka Niswatun Badriyah (25) asal Sidoarjo Jawa Timur mengaku bahwa dirinya seorang anggota Bhayangkari yang memiliki suami dinas di BNN dan berhasil menipu korban dengan iming-iming akan meluluskan menjadi anggota Polri (Bintara) sebesar Rp 639 juta. di Mapolsek Denpasar Selatan, Rabu (20/2/19).

Kapolresta mengatakan bahwa “Pelaku menyakinkan korban dengan memajang foto berpakaian Bhayangkari lengkap dengan atribut serta mengaku memiliki rekanan di Mabes Polri berpangkat jenderal,” jelas Kapolresta.

Kapolresta menjelaskan bahwa kejadian ini bermula dari korban berinisial KW (19) asal Denpasar memang berkeinginan menjadi seorang anggota Polri dan pelaku Niswatun Badriyah mengetahui hal tersebut pada sekitar bulan November 2017 lalu. Pelaku menyanggupi akan meloloskan pelaku dengan cara membayar sejumlah uang kepada pelaku dengan alasan akan digunakan untuk biaya pendidikan di SPN.

Kemudian korban membayar secara bertahap dalam jumlah yang berbeda sebanyak delapan kali dari rentan bulan Januari 2018 sampai Februari 2018 hingga mencapai Rp 639 juta. Bahkan pelaku sempat membelikan korban sepatu PDL yang akan digunakan saat pendidikan nanti. “Dalam aksinya pelaku menggunakan nama dan KTP palsu bernama Helen Natalia Fransisca dan meyakinkan korban memiliki keluarga anggota polisi yang bisa meluluskan korban,” jelas Kapolresta.

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan dari pelaku berupa baju, sepatu, jaket dan tas yang bertuliskan Bhayangkari yang pelaku beli secara online. Selain itu, polisi juga menyita sejumlah buku tabungan lengkap dengan ATM. Uang hasil kejahatan itu ia gunakan untuk keperluan sendiri dan berfoya-foya. “Saya mengimbau kepada masyarakat yang ingin menjadi anggota Polri agar tidak mudah percaya dengan iming-iming membayar sejumlah uang dapat lulus menjadi anggota Polri. Menjadi anggota Polri harus memiliki fisik yang bagus, intelektual yang tinggi dan sehat jasmani dan rohani, serta percaya dengan kemampuan diri sendiri,” jelas Kapolresta.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password