Upacara HPSN Dipimpin Langsung Oleh Kapolda Kep. Babel

Tribratanews.polri.go.id.-Bangka Belitung. Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol. Drs. Istiono, M.H. meminpin jalanya upacara dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di Pantai Pasir Padi pangkalpinang, Kamis(21/02/19).

Turut hadir dalam kegiatan Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Ini adalah Wakapolda Kep. Babel Kombes Pol. Djoko Erwanto, Ketua Ketua yayasan bhayangkari Kep. Babel Beserta Pngurusnya, Pejabat utama Polda Kep. Babel, unsur Forkopimda dan perwakilan setiap satker Polda Kep. Babel

Dalam sambutannya Kapolda Kep. Babel menyampaikan Hari Peduli Sampah Nasional  diperingati setiap tanggal 21 Februari, yang dilatarbelakangi oleh kementerian negara lingkungan hidup yang mencanangkan tanggal 21 Februari 2006 sebagai hari peduli sampah nasional untuk pertama kalinya.

peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

pada peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Yang mengakibatkan 157 jiwa meninggal dunia dan dua kampung (cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah dari tempat pembuangan akhir Leuwigajah.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolda menyampaikan beberapa penekanan agar para stakeholder di wilayah-wilayah mendukung penuh kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional.

“ Pertama, saya perintahkan kepada jajaran Polda Kep. Bangka Belitung untuk besinergi dengan para stakeholder di wilayah masing-masing dalam rangka mendukung kegiatan ini, Kedua, saya berharap peran aktif kita semua, termasuk peran instansi terkait, para tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Prov. Kep. Babel untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan ini kiranya dapat disosialisasikan “, tegas Jenderal Bintang Satu.

Dalam akhir sambutannya bapak Kapolda Kep. Babel mengingatkan agar seluruhnya masyarakat Bangka Belitung menjaga lingkungannya.

“ Tidak lupa saya ingatkan agar selalu menanamkan kesadaran dalam diri sendiri untuk selalu hidup bersih dan menjaga kebersihan, hal ini hendaknya dapat ditularkan kepada lingkungan keluarga, dan masyarakat sekitar “, tutup Brigjen Pol. Drs. Istiono. M.H.

 

(fn/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password