Polda Sulsel Ringkus Pelaku Penipuan Online Lintas Negara

Tribratanews.polri.go.idMakassar. Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan kembali mengungkap komplotan pelaku penipuan online yang melibatkan jaringan sindikat lintas negara.

Kasus tersebut bermula saat korban Mardiah menerima pertemanan lewat akun media sosial Facebook dari salah satu pelaku bernama Donny, yang mengaku berkewarganegaraan Australia.

Pelaku menjanjikan kepada korban untuk memberikan hadiah ulang tahun ke Mardiah. Bahkan, keesokan harinya, Donny memposting bukti pengiriman barang ke Mardiah, dan meyakinkan hadiah itu sudah ada di Surabaya.

Tak sampai di situ, pelaku lainnya bernama Intan, yang mengaku dari perusahaan jasa pengiriman DHL, mengkonfimasi kepada korban bahwa hadiahnya sudah ada di Surabaya, dan korban diminta mentransfer biaya pengiriman dan denda keterlambatan pembayaran paket senilai total Rp54 juta rupiah.

“Maka, korban mentrasferkan uang senilai (Rp54 juta) tersebut pada 2 nomor rekening yang diberikan pelaku,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, kepada wartawan di kantornya, Kamis (21/02/19).

Selain mengirim uang, ia melanjutkan, saat berada di Surabaya, korban kembali ditipu senilai 45 juta oleh pelaku lainnya bernama Adam dan asistennya dengan alasan pencucian uang Dollar.

“Jadi, total kerugian korban senilai Rp99 juta,” tegas Kombes Pol. Dicky Sondani .

Dalam kasus itu, Reserse Kriminal Umum Polda Sulsel telah menangkap pelaku dan sudah ditetapkan tersangka setelah membentuk 2 tim yang memburu para pelaku di dua provinsi, yaitu di Bali dan Surabaya, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Sulsel mengatakan bahwa Donny memang berkewarganegaraan Nigeria, dan kawan-kawannya, dijerat dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman selama 12 tahun.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password