Polri Kirim 29 Pasukan Polwan Perdamaian PBB ke Afrika

Tribratanews.polri.go.id – Sebanyak 322 anggota Polri yang tergabung dalam Formed Police Unit (FPU) misi perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengikuti upacara pelepasan yang dipimpin oleh Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D..Dari 322 anggota tersebut, 29 di antaranya adalah polisi wanita atau polwan.

 

Dengan dikirimnya ratusan anggota Polri ke misi perdamaian PBB, Kapolri berharap eksistensi Polri di PBB dapat membawa nama baik Indonesia.

 

“Mohon doa restu dari seluruh bangsa Indonesia agar anggota Polri yang saat ini diberikan amanat dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan kembali ke Indonesia dalam keadaan selamat dan membawa nama baik bangsa dan institusi,” jelas Kapolri.

 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut hadir dalam upacara ini dan ikut melepas para peacekeeper. Menteri Luar Negeri menjelaskan, ratusan anggota Polri tersebut akan dikirim untuk menjalankan misi di dua negara konflik yaitu Sudan (United Nations African Mission In Darfur/UNAMID) dan Republik Afrika Tengah (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic/MINUSCA).

 

Satgas FPU di Darfur Sudan dikepalai oleh AKBP Henzly Moningkey dan Satgas FPU di Bangui dipimpin oleh AKBP FX Arendra Wahyudi. Untuk UNAMID, Polri telah mengirimkan pasukan peacekeeper-nya setiap tahun, sejak 2008.

 

FPU UNAMID menjalani pelatihan selama enam bulan di Pusat Pelatihan Multifungsi Polri di Cikeas, Bogor selama enam bulan. Pelatihan yang dijalani para peacekeeper UNAMID meliputi pelatihan kemampuan taktikal seperti teknik dasar kepolisian, SWAT, core predeployment training, mengemudi kendaraan, dan specialized training material dari PBB serta command staff. Para peacekeeper juga dituntut mampu berbahasa Inggris dan Prancis, serta bela diri.

 

Begitu pula dengan FPU MINUSCA yang dilatih selama 12 bulan di tempat yang sama. FPU MINUSCA mendapat pelatihan kesehatan, psikologi, informasi dan teknologi, bahasa asing Inggris dan Prancis serta mengemudi dan menembak.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password