Ketum PA 212 Tidak Penuhi Panggilan, Penyidik Berwenang Jemput pada Panggilan Ketiga

Tribaratanews.polri.go.id-Jakarta. Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, SM, kembali tak memenuhi pemeriksaan penyidik Polresta Surakarta atas status tersangka tindak pidana kampanye Pemilu. Seharusnya, SM akan diperiksa di Polresta Surakarta Polda Jawa Tengah pada hari ini Senin, (18/02/19).

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengatakan penundaan pemeriksaan SM itu disampaikan tim kuasa hukumnya. Penyidik pun akan kembali menjadwalkan ulang pemeriksaan SM.

SM melalui pengacaranya minta diundur lagi untuk pemeriksaannya karena mungkin masih ada alasan kegiatan. Nanti kita konfirmasi lagi kapan kesediaan saudara SM untuk memenuhi panggilan penyidik Polresta Surakarta,” jelas Karopenmas Divhumas Polri di Mabes Polri.

Berdasarkan aturan di Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) tersangka akan dijemput paksa penyidik jika tiga kali mangkir dari panggilan untuk diperiksa. Slamet diketahui sudah dua kali tidak memenuhi pemanggilan penyidik.

“Ini kedua. Kedua minta diundur kembali, nanti kita lihat perkembangan ke depan. Ya kita kasih kesempatan tiga kali. Kalau tiga kali tidak hadir penyidik mempunyai kewenangan untuk lakukan penjemputan kepada tersangka untuk dimintai keterangan,” tegas Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo.

Karopenmas Divhumas Polri meminta agar Slamet bisa kooperatif dan dapat memenuhi pemanggilan berikutnya.

“Kita harapkan yang bersangkutan kooperatif penuhi panggilan penyidik Polresta Surakarta. Untuk penempatan pemeriksaan di Polda Jateng,” harap Jenderal Bintang Satu tersebut.

Sebelumnya, Slamet dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada Rabu, 13 Februari pekan lalu. Namun, ditunda pada Senin, 18 Februari karena permintaan yang diajukan pengacaranya. Adapun pada pemeriksaan hari ini Slamet kembali tak hadir.

SM ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pelanggaran kampanye di luar jadwal, sebagaimana diatur dalam Pasal 521 atau Pasal 492 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Kampanye di luar jadwal itu berlangsung ketika dia menyampaikan ceramah pada kegiatan Tabligh Akbar PA 212 Solo Raya di Gladak, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, pada Minggu 13 Januari 2019.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password