Polda Sulsel Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Gunakan Modus Akun Facebook Palsu

Tribratanews.polri.go.id – Makassar. Tim Cyber Crime Polda Sulsel lantaran berhasil amankan seorang petani bernama Abdul Malik (28) karena melakukan penipuan dengan modus membuat akun Facebook palsu.

Warga Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan itu membuat tujuh akun palsu dengan nama Dhy Ayuputri, Ayu Puput, Sasa Ayuputri, Dwi Ayuputri, Ayu Puput, Octavhia, dan Vhia Sandhy Ayuputri. Aksinya terbongkar pada 29 Januari 2019

Dalam keterangannya, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan, akun palsu yang dibuat pelaku memakai foto profil seorang polisi wanita berpangkat Bripda. Akun Facebook palsu yang mencatut foto polwan dan mengiklankan menjual mobil dan motor murah. Jadi dalam postingannya Abdul menjual kendaran roda dua dan empat dengan harga miring. Terungkapnya kasus penipuan ini berkat kerja Tim Cyber Crime Polda Sulsel yang mencurigai terhadap akun tersebut melakukan aktivitas mencurigakan, seperti menawarkan kendaraan bermotor ke pengguna Facebook.

“Dalam pengakuannya pelaku Abdul mengakui sengaja memilih foto Polwan Sandhy Ayu Putri karena memiliki paras cantik. Sehingga dapat menarik perhatian calon korbannya. Ia sudah tujuh bulan menjalankan aksinya. Dia punya ilmu menipu via online setelah belajar dari teman-temannya di Kabupaten Sidrap. Pelaku sengaja pasang foto Polwan, agar para pembeli percaya, dan pelaku juga mengaku telah memasang foto sama di 7 akun yang berbeda,” tutup Kabid Humas Polda Sulsel saat menggelar Konferensi Pers di Mapolda Sulsel, Jumat(15/02/19)

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password