Peras Korban Hingga Puluhan Juta, Sindikat Sextortion Ditangkap

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Direktorat Siber Bareskrim berhasil menangkap seorang pelaku sextortion atau pemerasan melalui video call sex dengan inisial SF (25) yang merupakan warga Sidrap, Sulawesi Selatan.

Kasubbag Opinev Penum Biro Penmas Divisi Humas Polri, AKBP Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., mengatakan dalam menjalankan aksinya SF yang merupakan pengangguran ini membuat akun palsu yang bermuatan foto perempuan atau model seksi yang diambil secara acak dari akun Instagram dan Facebook dengan mencantumkan identitas lengkap serta nomor handphone yang bisa dihubungi.

 

“Misalnya full body tiga ratus ribu, setelah ditransfer, ditunjukkan video yang tidak ada suara apa-apa hanya dia ambil dari video lain untuk ditunjukkan ke korban,” jelas Kasubdit I Dirtipid Siber Bareskrim Polri, Kombes Pol. Dani Kustoni, Jumat (15/2).

 

Diketahui saat menunjukkan video, pelaku menggunakan handphone lain. Ketika korban mulai membuka bajunya, pelaku merekam untuk dilakukan pemerasan.

 

“Jumlah kerugian lewat pemerasaan hingga Rp 30 juta per korban. Untuk menampung uang, tersangka menggunakan beberapa rekening bank pemerintah dan swasta,” terang Kombes Pol. Dani Kustoni.

 

Dari tersangka, Polisi menyita barang bukti berupa nomor rekening bank, smartphone, dan akun media sosial milik tersangka.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password