Pastikan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 Kapolda Sulut Kunjungi Polres Minahasa

Tribratanews.polri.go.id-Minahasa. Untuk memastikan kesiapan pengamanan pemilu 2019 Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol. R. Sigid Tri Hardjanto M.Si., mengunjungi Mapolres Minahasa, dan mengingatkan personil agar benar-benar memahami pola-pola pengamanan yang di terapkan pada saat pemilu nantinya  (14/2/19).

Turut mendampingi Kapolda dalam kunjungan tersebut, yakni Kabid Propam, Kombes Pol. Dheny Dariady, Kabid Humas, Kombes Pol. Ibrahim Tompo, Kabag Dalops Biro Ops Polda Sulut AKBP Ventje Lapod, Kabag Bin Ops Biro Ops Polda Sulut AKBP Hansye Ratag dan Kapolres Minahasa, AKBP M. Denny Situmorang S.I.K.

Kapolda Sulawesi Utara langsung melakukan pemeriksaan administrasi serta kesiapan personel setibanya di Mapolres Minahasa.

Satu per satu anggota yang dilibatkan dalam pengamanan ditanya mengenai tugas, hak dan kewajiban dalam pengamanan Pemilu.

“Saya sengaja datang ke Minahasa untuk memastikan kesiapan dan pengetahuan personel dalam pengamanan (Pemilu) nanti,” jelas Irjen Pol. R. Sigid Tri Hardjanto M.Si., saat mengambil apel di halaman Mapolres Minahasa.

Kapolda Sulawesi Utara juga menyampaikan kepada Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang S.I.K., agar memastikan anggota yang akan melaksanakan pengamanan harus tahu berapa TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang akan diamankan.

“Kenali petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) di TPS setempat,” tegas mantan Kepala STIK Lemdikpol tersebut.

Selain itu, Kapolda juga menegaskan agar para personel benar-benar memahami pola-pola pengamanan yang akan diterapkan.

Pola yang di maksud, di antaranya TPS klasifikasi kurang rawan, pola pengamanan 2-8-16 (2 polisi menjaga 8 TPS dibantu 16 Linmas).

Klasifikasi TPS rawan, polanya 2-2-4 (2 polisi menjaga 2 TPS dibantu 4 Linmas). Sedangkan TPS sangat rawan, menggunakan pola 2-1-2 (2 polisi menjaga 1 TPS dibantu 2 Linmas).

“Setiap mengamankan harus ada rekan yang diajak berdiskusi,” saran Kapolda Sulut.

Sementara itu data diperoleh dari Polres Minahasa, jumlah pemilih sebanyak 258.305 (130.479 pria, 127.826 wanita). Jumlah TPS di Kabupaten Minahasa sebanyak 1.029, sedangkan TPS di wilayah hukum Polres Minahasa 683 dan jumlah Caleg 343 orang.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password