Antisipasi Penyalahgunaan Bantuan Sosial, Polres Pekalongan Kota Bentuk Satgas Bansos

Tribratanews.polri.go.id – Pekalongan. Satgas Bansos resmi dibentuk oleh Polres Pekalongan Kota Polda Jateng. Satgas ini nantinya akan bertugas mengawal pendistribusian bantuan sosial dari pemerintah untuk masyarakat di Wilayah Kota Pekalongan.

Kapolres Pekalongan Kota Polda Jateng AKBP Ferry Sandy Sitepu melalui Wakapolres Pekalongan Kota Kompol I Wayan Tudy Subawa mengatakan bahwa pembentukan Satgas tersebut sebagai tindak lanjut adanya nota kesepahaman antara Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan Polri pada tanggal 11 Januari 2019 lalu, Polri kini dilibatkan dalam pengawasan pendistribusian Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat, terang Wakapolres saat pimpin apel pagi, Rabu (13/2/19).

Wakapolres juga mengatakan, “Nantinya Satgas ini bertugas melakukan pendataan, sosialisasi, pendampingan, hingga penegakan hukum apabila ditemukan penyalahgunaan bantuan sosial,” jelas Wakapolres.

Wakapolres menambahkan bahwa “Dalam Bansos sendiri akan ada subsatgas diantaranya subsatgas pendataan dan sosialisasi, subsatgas media, subsatgas pengamanan distribusi, dan subsatgas gakkum. Kita libatkan sebanyak 97 personil Polres,” jelasnya.

Pihaknya juga akan mendorong para anggota Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan sosialisasi mulai tingkat kecamatan, kelurahan, desa, sampai dengan tingkat RW dan RT terkait program Bansos yang akan dilaksanakan. “Kami dari pihak Kepolisian siap mengawal pendistribusian dana bantuan sosial pemerintah, agar pastinya tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan oleh oknum-oknum tertentu. Dana bantuan sosial ini merupakan amanah, dan harus sampai kepada mereka yang membutuhkan. Dan apabila pihaknya menemukan adanya penyelewengan, pihaknya tidak segan-segan akan menindak tegas serta akan di proses sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password