Polisi Berhasil Gagalkan 5.000 Butir Pil Daftar G di Demak

Tribratanews.polri.go.id – Demak. Lebih dari 5.000 butir pil daftar G gagal diedarkan. Menyusul tertangkapnya komplotan pengedar pil bernama Heximer, Trihexyphenidyl dan Alprazolam, yang pada dunia medis digunakan sebagai obat penenang pasien gangguan jiwa.

Kapolres Demak AKBP Arief Bachtiar dan didampingi Kasat Narkoba AKP Paryudi mengungkapkan, keberhasilan tim Sat narkoba membongkar transaksi komplotan pengedar obat-obatan daftar G dikawasan Brumbung Mranggen. Bersama empat tersangka yang diamankan, disita pula lebih dari 5.000 butir pil warna kuning berlogo mf serta pil berwarna putih berlogo Y. “Ribuan pil yang disita sebagai barang bukti itu diduga merupakan sediaan farmasi yang pengadaannya harus disertai resep dokter. Atau tidak dapat bebas diperjual-belikan,” jelas kapolres, Senin (11/2/19).

Kepada penyidik, tersangka pertama yakni Prasetyo Bayu Aji (21) warga Brumbung, berkilah mendapatkan pil yang dijualnya seharga Rp 10 ribu per bungkus isi 10 butir itu dari Muhammad Rizky (19), warga Ngemplak Mranggen.

Setelah dikembangkan, tersangka kedua menyebutkan pil-pil yang banyak dijualnya kepada remaja nongkrong dan pelajar bolos itu dibelinya dari Annas Akbar alias Antek (23) warga Kembangarum Mranggen.

Sedangkan Antek saat didesak, berkilah mendapatkan ribuan pil daftar G itu dari Septian Dwi Kurniawan (21) warga Rejosari Semarang. Sementara Septian yang acap dipanggil Menti itu berkilah mendapatkan modal dagangannya itu dari seseorang di LP Semarang. “Menurut tersangka keempat, ribuan pil daftar G itu didapatnya dari seseorang di LP Semarang melalui transaksi telpon. Setelah ditransfer sejumlah uang yang disepakati, barang dikirim kurir ke alamat yang pemesan,” jelas kapolres.

Akibat perbuatannya, para tersangka terancam hukuman paling lama 15 tahun dengan denda paling banyak Rp 1,5 miliar. Sebagaimana diatur dalam pasal 197 subsidair pasal 196 lebih subsidair pasal 198 UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password