Satgas Pangan Polri Mengawasi Tataniaga Karet Di Sumsel

Tribratanews.polri.go.id – Palembang. Sumatera Selatan merupakan provinsi produsen karet terbesar di Indonesia. Sejumlah upaya dilakukan guna menaikkan harga karet. Polri melalui Satgas Pangan, melakukan kolaborasi peningkatan mutu hingga aspek tataniaga karet ekspor di Sumsel.

 

Polri memberikan perhatian ini lantaran kualitas karet di Sumsel selama ini masih di bawah standar. Oleh sebab itu masih harus diberikan edukasi agar petani bisa memproduksi karet dengan kualitas terbaik.

 

Kasatgas Pangan Polri, Kombes Pol. Nico Afianta mengatakan, Kepolisian bekerjasama dengan steakholder terkait mulai dari Bimas, Shabara dan Reskrim guna menjadi bagian dari proses edukasi, preventif, dan penegakan hukum.

 

“Kehadiran kita guna menjadi bagian tim khusus yang akan diketuai oleh Gubernur Sumsel. Tim ini akan melakukan penyuluhan, sampai pada pengawasan. Karena itu, meningkatkan kerja sama baik pada pemerintah, petani dan pihak perusahaanya,” jelas Kasatgas Pangan Polri.

 

Pembentukan satgas di daerah mulai melakukan pengawasan mutu dari dibentuknya UPTB di masing-masing desa, hingga terpenuhinya kebutuhan petani karet, seperti asam semut dan pupuk.

 

“Polri juga mengawasi bagaimana distribusi, tata niaga hingga ke pabrik, pedagang, dan adanya kepastian mutu agar harga jual meningkat, termasuk jika ada orang-orang yang mengambil keuntungan pribadi atas tata niaga tersebut,” jelas Kasatgas Pangan Polri.

 

Kasatgas Pangan Polri juga menjelaskan, masalah potensi dan laporan dugaan kecurangan dalam tata niaga karet di Sumsel, tidak semua bermasalah atas laporan tersebut. Beberapa pengaduan dan informasi yang dihimpun memang mengindikasikan demikian, akan tetapi butuh pembuktian.

 

Proses pengawasan akan komoditas karet ini pun dilakukan di daerah lainnya seperti Jambi, Lampung, dan Kalimantan. Akan tetapi, Sumsel sebagai provinsi dengan penghasil karet terbesar di Indonesia, akan menjadi pilot project pengawasan dan kehadiran satgas yang dibentuk di tingkat daerah.

 

Strategi Pemerintah dalam pembentukan satgas khusus karet ini, nantinya sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani karet.

 

Apa yang dibutuhkan petani karet mulai dari peningkatan mutu, pembentukan UPTD, mudah mendapatkan pupuk, asam semut, hasil panen yang memiliki kualitas baik dan harga yang tinggi bagi petani karet di Sumsel.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password