Polri Jadikan Data Penghapusan Halaman Facebook sebagai Petunjuk dan Langkah Penyelidikan

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Facebook menghapus akun yang terindikasi tidak menggunakan koordinasi otentik di Facebook Indonesia atau yang terkait Saracen. “Pengumuman hari ini hanyalah salah satu dari banyak langkah yang telah kami ambil untuk mencegah aktor jahat menyalahgunakan platform kami,” ujar pihak Facebook, Senin (11/2).

 

Penghapusan halaman tersebut menjadi petunjuk bagi Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri dalam mengambil langkah penyelidikan hingga penyidikan. “Mengenai data Facebook, akan kami jadikan petunjuk sebagai salah satu alat bukti nantinya,” Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M.

 

Penghapusan ini dilakukan terhadap 207 akun Facebook Page, 800 akun Facebook, dan 546 grup Faceboook, serta 208 akun Instagram terkait Saracen. Beberapa akun yang dihapus itu di antaranya, Facebook Page milik Permadi Arya, Kata Warga, dan Darknet ID. Sementara grup Facebook yang dihapus yaitu, berita hari ini dan ac milan indo.

 

Facebook akan terus mengawasi dan menghentikan aktivitas pemanipulasian media sosial. Facebook berjanji akan menjaga keamanan dan keselamatan pengguna. ” Pengumuman hari ini hanyalah salah satu dari banyak langkah yang telah kami ambil untuk mencegah aktor jahat menyalahgunakan platform kami,” kata Facebook.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password