Misi PBB UNMISS, Polri Berangkatkan 6 Personil ke Sudan Selatan

Tribratanews.polri.go.id – Sebagai perwujudan dari salah satu tujuan negara yaitu dengan ikut melaksanakan ketertiban dunia. (Aline 4 Pembukaan UUD’45) dan dalam rangka menjaga komitmen dan konsistensi Polri pada Pelayanan Internasional, Polri melepas 6 (enam) personil menuju Sudan Selatan (UNMISS), Minggu (10/02/2019).

Melalui Bandara Soekarno-Hatta menuju Sudan Selatan, tim yang terdiri dari 4 Polwan dan 2 Polki dan dikenal dengan nama Kontingen Garuda Bhayangkara Polri UNMISS ini dipimpin oleh AKBP Himawan Sugeha, S.I.K., Akpol 95, yang akan bertugas selama 12 bulan.

Tim ini bertugas dengan Mandat dari New York (PBB) adalah “Protection of Civilians (POC)” sebagai United Nations Police Avisor dibawah Peacekeeping Operations di seluruh wilayah Sudan Selatan yang telah terlibat dalam perang saudara selama 6 tahun, sejak Desember 2013.

Protection of Civilian , dimana fokus utama kegiatan Individual Police Offices (IPOs) sendiri adalah kepada Protection of Civilian ( POC ) terutama di penampungan Internal Displaced People / IDP.

Protection of Civilian dilaksanakan untuk melindungi warga sipil di bawah ancaman kekerasan fisik, dengan perlindungan khusus bagi perempuan dan anak-anak, patroli aktif dengan perhatian khusus ditujukan pada warga sipil pengungsi, dalam pelaksaan Protection of Civilian, IPO bekerjasama dengan Formed Police Unit (FPU) yang kemudian disebut UN Police (UNPOL).
(sa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password