Melalui Latihan Gabungan Menghadapi Pemilu 2019, Sinergitas TNI-Polri Semakin Diperkuat

Tribratanews.polri.go.id. – Yogyakarta. Sinergitas TNI-Polri semakin ditingkatkan dalam rangka pengamanan seluruh tahapa Pemilu 2019, yakni dengan menggelar latihan gabungan guna mengantisipasi konflik yang mungkin terjadi pada Pemilu 2019.

 

“Latihan ini merupakan puncak dari rangkaian latihan yang sudah dilakukan beberapa hari ini. Latihan ini juga menunjukkan kesiapan pasukan TNI dalam membantu tugas pengamanan dari rekan-rekan kepolisian,” jelas Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamrori.

 

Kegiatan latihan yang sama juga digelar di wilayah lain di Indonesia. Diimbau kepada masyarakat, termasuk tokoh-tokoh politik, untuk memaknai pelaksanaan Pemilu 2019 tersebut sebagai sebuah pesta demokrasi yang sudah selayaknya lebih banyak diisi dengan sukacita dan kedamaian, bukan justru mengarah pada hal yang dapat menimbulkan perpecahan.

 

Sementara itu, Wakapolda DIY, Brigjen Pol. Bimo Anggoro Seno menyebutkan, ada sekitar 10.000 anggota kepolisian yang siap melakukan pengamanan pelaksanaan pemilu di DIY. Polda DIY juga sudah bertemu dengan sejumlah pimpinan partai politik untuk membahas berbagai potensi kerawanan, termasuk saat pelaksanaan kampanye terbuka sehingga kepolisian mengimbau agar parpol mengurangi pengerahan massa karena berpotensi menimbulkan konflik. “Jika terjadi konflik, yang dirugikan justru peserta pemilu itu sendiri. Untuk itu, kami mengimbau agar parpol mengurangi konvoi dan tidak melalukan pelanggaran lalu lintas jika konvoi kendaraan,” tegas Wakapolda DIY.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password