Saat Ini Polri Meraih Kepercayaan Publik Tertinggi Sejak Era Reformasi

Tribratanews.polri.go.id-Batam. Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kepulauan Riau (Kepri), Brigjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H. mengatakan, indeks kepercayaan publik terhadap Polri berkisar 88,44%
Polda Kepri sendiri mendapatkan rangking ke 11 dari 34 Polda di Indonesia, Kamis (7/02/19).

Hal ini berdasarkan hasil dari pelbagai lembaga survei, seperti Litbang Alvara, LSI (Lembaga Survei Indonesia), dan Survei Litbang Kompas bekerja sama dengan Mabes Polri. Diketahui tingkat Kepercayaan publik terhadap Polri meningkat 1,6 % dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 78,8 %.

“Artinya, bahwa dari pelayanan publik yang dilaksanakan Polda Kepri secara umum selama di tahun 2018 meningkat. Baik di jajaran Polres dan Polresta maupun Polsek,” Ungkap Wakapolda Kepri, Kamis (7/02/19)

Menurutnya Brigjen Pol. Yan Fitri ini merupakan nilai yang cukup baik, Dengan jumlah responden 450 orang mendapat rangking yang cukup baik pula dari 34 Polda yang ada di Indonesia. Kemudian dari ringkasan kepuasan dan kepercayaan tersebut, peran Polri di tengah masyarakat juga meningkat, dengan jumlah penduduk dari beragam latar belakang.

“Ini merupakan indeks kepercayaan tertinggi sejak Era reformasi yang diraih Polri. Survei tersebut, diketahui sebagai indeks tertinggi kepercayaan masyarakat atas kinerja yang dilakukan Polri,” tegas Wakapolda Kepri.

Dikatakannya, Indeks Kepercayaan Publik dengan kriteria Kota Sedang, jajaran Polda Kepri yang masuk ada 2 Polres. Yakni Tanjung Pinang dengan indeks kepercayaan publik 82,12 % dan Bintan 80,28 % dari 268 Polres yang terlibat survei.

“Polresta Barelang perlu peningkatan pelayan publik. Karena tidak berada pada angka minimal. Yakni 75,20 % kita akan tingkatkan kepuasan pelayanan publik nantinya disitu,” tegas Wakapolda Kepri.
Sedangkan dari hasil survei tersebut, menurut Wakapolda Kepri, Polres Lingga, Tanjung Pinang, Bintan Anambas, Natuna, sudah masuk kategori terbaik.

“Ini menunjukkan bahwa kepercayaan publik kepada Polri di Daerah meningkat, terkait dengan rasa aman, semakin tinggi,” Jelasnya.

Menurut Jendral Bintang satu ini, secara global melalui survei yang dilakukan oleh The Galub pada tahun 2018, Indonesia berada pada posisi ke 9 negara teraman dari 142 negara berkembang di Dunia.

“Ini menunjukkan bahwa kepercayaan publik kepada Polri, terkait dengan rasa aman, jaminan kenyamanan, sosial dan politik semakin tinggi,” jelas mantan Karo Multimedia Divisi Humas Polri ini.

Dari meningkatnya hasil survei tersebut, Dia mengungkapkan, juga karena peran media yang cukup baik, sehingga kinerja kepolisian dalam pelayanan publik juga dapat dipublikasi sebagai informasi positif. Hal itu, Menjadi sebuah ukuran atau penilaian dari masyarakat.

“Hal itu, tidak lepas dari baiknya fasilitas pelayanan publik di lingkungan Polda Kepri, keterpercayaannya terhadap kinerja personil di lapangan karena Erat hubungannya dengan peran pimpinan,” jelas Jenderal Bintang Satu tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password