Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Tangkap Tujuh Pengedar Belasan Ribu Obat Daftar G

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Pengedaran 13.003 butir obat-obatan terlarang yang termasuk dalam daftar G (wajib dengan resep dokter), diungkap oleh Subdit I Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Obat-obatan tersebut terdiri dari tremadol, hexymer, alprazolam, trihexyphenidyl, dan Double LL. Kelima obat tersebut seharusnya hanya dapat dibeli dengan menggunakan resep dokter. Namun sejumlah pedagang nakal justru mengedarkannya secara bebas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari penemuan Polsek Kembangan. Kemudian dari hasil penyelidikan didapati sejumlah toko penjual obat-obatan ini di wilayah Jakarta dan Bekasi Kota. “Setelah kita melakukan penyelidikan kemudian kita membentuk tim. Tim bergerak, kita menemukan tujuh TKP. Yaitu lima di wilayah DKI Jakarta. Dari tujuh TKP itu, lima TKP adalah toko kosmetik, kemudian dua toko obat. Inilah dari TKP ini kemudian kita kembangkan kita cek ternyata kita mendapatkan obat-obat ini ada daftar G,” jelas Kabidhumas di Mainhall Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Kamis (7/2/19).

Kabidhumas juga menambahkan, tujuh tersangka telah ditangkap dan diamankan yakni MY (19), MA (28), HS (29), MS (29), SF (29), ML (29), dan MD (18).

Tersangka mengatakan kalau obat-obatan tersebut didapat dari sales penjual obat. Namun tersangka kompak mengaku tidak mengenal sales tersebut. Mereka menjual obat-obatan ini seharga Rp. 10 ribu – Rp. 25 ribu.

Tersangka dijerat dengan pasal 197 Jo pasal 106 ayat 1 undang-undang RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp. 1,5 miliar. Serta Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 huruf a dan i UU RI Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana 5 tahun penjara atau denda paling banyak Rp. 2 miliar

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password