Dugaan Korupsi Hotel Balairung Terus Diungkap, Polisi Periksa 15 Saksi

Tribratanews.polri.go.id – Padang , Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Sumbar terus menyelidiki dugaan korupsi Hotel Balairung milik Pemprov Sumbar di Jakarta. Sebanyak 15 saksi sudah diperiksa termasuk dari Pemprov Sumbar.

“Minggu depan kita memeriksa tujuh saksi lagi,”ujar Kombes Pol. Margiyanta, Direktur Reskrimsus Polda Sumbar, Kamis (7/2).

Dua dari saksi yang akan diperiksa itu ternyata sudah meninggal dunia. Mereka adalah, Syamsir Alam, komisaris Hotel Balairung, meninggal sekitar 1 tahun lalu.

Kemudian Novirman Nurdin, Direktur Utama (Dirut) PT Dinamika Sumbar, yang memiliki saham pada awal pendirian Hotel Balairung, yang bersangkutan meninggal dunia sekitar 5 tahun lalu.

“Rencananya kita akan memeriksa kedua orang tersebut, tetapi diperoleh informasi bahwa mereka sudah meninggal dunia beberapa tahun lalu,” kata Dirreskrimsus Polda Sumbar, Kombes Pol Margiyanta, kemarin siang di Mapolda Sumbar.

Disampaikan Margiyanta, penyelidikan ini sesuai dari informasi awal yang dilaporkan masyarakat yakni soal dana hibah, masalah pajak dan kemudian masalah operasional Hotel Balairung.

“Info yang kita dapat seperti itu, bahwa kedua orang yang akan diperiksa sudah meninggal, dan kita saat ini masih menunggu surat kematian untuk bahan pendukung penyelidikan ini,” tambahnya.

Dikatakan, pihaknya masih memiliki saksi-saksi dan bukti-bukti lain untuk mengungkap kasus itu.

“Total sementara saksi-saksi yang sudah diperiksa sebanyak 15 orang. Minggu depan akan dipanggil beberapa orang untuk diperiksa selain dari 15 orang yang sudah diperiksa ini,” sebut Kombes Pol Margiyanta.
Dalam pengungkapan kasus ini pihak akan mengandeng Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sumbar dan akan melakukan audit. “Audit belum, karena masih menunggu dokumen kelengkapan dan keterangan saksi-saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi jika ada baru kita panggil,”jelas Dir Krimsus Polda Sumbar.

(sa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password