Kapolri Apresiasi “Millenial Road Safety Festival 2019” yang Diselenggarakan Polda dan Pemprov Lampung

Tribratanews.polri.go.id. – Lampung. Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D mengapresiasi dan menobatkan Provinsi Lampung sebagai percontohan bagi Provinsi lain yang sukses menyelenggarakan acara Millenial Road Safety Festival 2019.

“Saya bangga dan hal ini pun patut kita tiru dan dengarkan bagaimana kiat-kiat serta tips dan cara yang dilakukan agar acara tersebut dapat sukses juga serta menjadi tolak ukur bagi provinsi lain,” ujar Kapolri, Kamis (7/2).

Pelaksanaan Kegiatan Milenial Road Safety Festival digelar oleh Polda Lampung bersama Pemprov pada Minggu (3/2), karena menyikapi tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Angkanya sudah sampai pada titik yang sangat memprihatinkan. Secara nasional, jumlah korban laka lantas sebanyak 171.436 orang di antaranya 29.083 meninggal, 13.256 luka berat, dan 129.095 luka ringan.

Untuk wilayah Lampung sendiri jumlah korban laka lantas pada tahun 2018 sebanyak 4.003 orang diantaranya 814 meninggal dunia, 1.220 luka berat, dan 1.969 luka ringan.
Kapolri memerintahkan setiap provinsi untuk menyelenggarakan acara tersebut yang intinya mengajak kaum milenial di tiap-tiap provinsi di seluruh Indonesia mendeklarasikan pentingnya keselamatan berkendara dan patuh terhadap peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Selain itu, mendeklarasikan Millennial agar mendukung Road Safety menuju Zero Accident.

Deklarasi ini terdiri dari 3 point yaitu pertama Generasi yang peduli Keselamatan Berlalu Lintas, kedua mendukung sepenuhnya program Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mewujudkan kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan ketiga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Sementara itu, Kapolda Lampung, Irjen. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si., mengatakan, perencanaan Kegiatan Milenial Road Safety Festival tersebut dilakukan dengan kegiatan Sosialisasi pasif, Rapat Terkoordinasi serta Sosialisasi Efektif. Kemudian, dilakukan juga penyampaian kegiatan yang menarik yakni kehadiran artis ibukota, doorprize yang menarik, berobat gratis, pameran TNI dan Polri. Juga termasuk rekruitmen kepolisian dari Akpol maupun Bintara yang didukung juga oleh Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU serta dealer-dealer mobil yang diberi kesempatan membuka tempat untuk dikunjungi.

Ada juga pawai budaya dari 34 Provinsi dan dilombakan sehingga acara ini lebih menarik. Pawai ini dilepas oleh Bapak Gubernur Muhammad Ridho Ficardo dan Walikota. “Dan untuk Sosialisasi efektif, kita mengumpulkan mobilitas komunikasi seperti komunitas motor besar, vespa, jeep, grab, gojek dan lain-lainnya semua mami libatkan,” ungkap Kapolda Lampung.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password