Polisi Ungkap Penyelundupan Ratusan Unggas Langka Endemik Papua dan Maluku

Tribratanews.polri.go.id – Jatim. Penyelundupan sejumlah unggas jenis burung dibongkar Ditpolair Polda dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim, Rabu (6/2/2019) sore.

Burung langka yang dilindungi tersebut diselundupkan oleh pelaku yakni P warga Nganjuk, Jatim, dan E, warga Sidoarjo, Jatim.

Terdapat ratusan burung yang disembunyikan dalam pipa paralon. Sejumlah 19 ekor burung langka didapati telah mati.

Jenis burung yang diselundupkan beragam. P dan E juga mematok harga yang berbeda pada setiap jenis burung tersebut. Ratusan burung langka itu terdiri dari jenis nuri hitam, kakaktua alba, sampai betet

Penyelundupan sejumlah unggas jenis burung dibongkar Ditpolair Polda dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Jatim, AKBP Darman menjelaskan, penangkapan tersebut dilakukan lewat kerjasama dengan BBKSDA Jatim.

Kata AKBP Darman, petugas gabungan mengamankan ratusan burung asal Papua melalui jalur laut ini bermula dari informasi masyarakat.

“Penggagalan penyelundupan beragam jenis burung langka ini bermula dari informasi masyarakat terkait pengiriman satwa langka dari Papua,” pungkas Kasubdit Gakkum Ditpolair.

(sa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password