Cegah Potensi Longsor : Brigadir Dedi Pelopori Reboisasi Di Desa Binaannya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Adalah Brigadir Dedi Mahendra Sukma, anggota Polsek Bendungan Polres Trenggalek yang merangkap sebagai Bhabinkamtibmas Desa Surenlor ini sangat aktif di desa binaannya. Sangat mudah mencari keberadaan polisi satu ini. Selain di masjid, cukup cari di rumah, Polsek atau di Desa Surenlor. Di desa ini ia juga mengajar mengaji tiap sorenya. Maka tak heran jika Dedi dinobatkan sebagai Dai Kamtibmas terbaik di tingkat Polda Jatim tahun 2016 yang lalu.

Kecintaannya kepada lingkungan juga tak perlu diragukan lagi. Ia berhasil menggabungkan 3 kegiatan yang berbeda menjadi satu acara yang bermanfaat bagi masyarakat. Hari masih pagi ketika Dedi dihubungi oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri Surabaya yang kebetulan melaksanakan KKN di Desa Surenlor terkait program pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana dengan bentuk kegiatan penanaman pohon di lokasi rawan longsor.

Di saat yg bersamaan, ia  juga dihubungi oleh kepala sekolah SMPN 1 Bendungan yang juga mempunyai program sekolah Adhiwiyata, dimana  mengharuskan sekolah terlibat kegiatan kepedulian lingkungan. Satu sisi yang lain, Polres Trenggalek memiliki program unggulan bernama “Polisi Peduli Sesama” atau P2S yang mengedepankan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar.

“Kenapa tidak dijadikan satu saja, toh ketiga program tersebut saling berhubungan dan muaranya untuk kepentingan masyarakat luas”, ujar Dedi.

Pada akhirnya, ketiga program tersebut dilaksanakan bersamaan hari ini,  Rabu (25/01). Sejumlah 30 orang terdiri dari 3 Pilar, mahasiswa UINSA, siswa SMPN 1 Bendungan dan masyarakat sekitar ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Lokasi yang dipilih merupakan titik-titik rawan longsor yang memang banyak terdapat di Desa Surenlor. Maklum saja, desa ini banyak didominasi pegunungan dengan kontur tanah kapur sehingga sangat rentan terjadi longsor.

Brigadir Dedi bersama 3 Pilar dan mahasiswi UINSA saat penanaman pohon di wilayah Desa Surenlor
Brigadir Dedi bersama 3 Pilar dan mahasiswi UINSA saat penanaman pohon di wilayah Desa Surenlor

Di akhir acara, Dedi berpesan agar penanaman pohon ini bukan hanya simbolis saja, melainkan ada tindak lanjut perawatan dari masyarakat, sehingga upaya yang telah dilakukan tidak sia-sia.

Penulis : Ady
Editor : Handoko
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password